News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pegadaian Hadirkan Pembiayaan Haji Secara Syariah

Pegadaian Hadirkan Pembiayaan Haji Secara Syariah


Pegadaian Hadirkan Pembiayaan Haji Secara Syariah

WARTAJOGJA.ID - PT Pegadaian Persero menghadirkan program pembiayaan haji syariah. Layanan yang diberikan ini merupakan layanan untuk mendapatkan porsi haji secara syariah dengan barang jaminan berupa emas atau Tabungan Emas dan proses yang mudah serta aman.

Deputi Bisnis Area Jogja PT Pegadaian, Yohanis Wulang menjelaskan, program haji ini merupakan kepedulian pegadaian untuk memfasilitasi umat Islam yang ingin menunaikan ibadah haii namun belum siap secara materi. Pihaknya memfasilitasi untuk mendapatkan kursi awal bagi calon jamaah sehingga memiliki kepastian untuk mendaftar dan tinggal menunggu waktu pemberangkatan.  “ kami terus melakukan sosialisasi sekaligus  menggelar seminar haji" terangnya kepada wartawan  di sela sela Seminar Arrum Haji langkah mudah menuju Baitullah yang digelar di Hotel Tassnem Yogyakarta,  Rabu (29/3).

Dijelaskannya, dalam seminar juga disampaikan mengenai  persyaratan bagi calon jamaah haji.  Pegadaian juha menyampaikan kaidah keagamaan. "Dengan demikian, jamaah yang berminat namun belum sempat mendapatkan kursi haji bisa terfasilitasi," ulas dia.

Yohanis melanjutkan, program haji pegadaian ini bersifat perikatan jaminan emas sesuai dengan kaidah syariah, yaitu setara dengan 3,5 gram emas. Dengan perikatan tersebut, calon jamaah haji sudah mendapatkan kursi haji.  Selsnjutnya, kata dua, syarat mendapatkan kursi haji sebesar Rp25 juta, ditangani oleh Pegadaian melalui perikatan murabahah.  “Biasanya kan orang membayar Rp25 juta dulu baru mendapatkan kursi, tetapi dengan kerja sama dengan Pegadaian mereka hanya dikenai mun’ah (biaya administrasi awal) sudah dapat kursi haji sehingga berdasakan ketentuan pemerintah nanti tinggal menunggu keberangkatan,” tandasnya.

Dijelaskannya, animo umat Islam mengikuti program haji melalui Pegadaian cukup besar. Animo ini baik dsri internal Pegadaian mauoun masyarakat umum. "Termasuk dari DIY juga ada, mereka daftar lewat pegadaian kemudian mendapatkan kursi haji dari Kemenag, nanti jadwal keberangkatan ditentukan pemerintah," beber Yohanis.

Sementara, Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Kusumanegara Yogyakarta, Marmi mengungkapkan, kegiatan seminar Arrum Haji  merupakan rangkaian Tarhib Ramadan. Dalam  kegiatan tersebut Pegadaian juga  memberikan santunan untuk anak yatim. " kami juga menyampaikan kepedulian lewat santunan anak Yatim melalui Dana Kebajikan umat. Dan ini merupakan infak dan sodakoh dari nasabah Pegadaian syariah Kusumanegara," katanya.

Untuk santunan, kata dia, usai seminar langsung diberikan kepada para penerima santunan yaitu Yayasan Nurul Ilmi Sejahtera dan Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) . (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment