News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jumenengan Sultan HB X, Yuk Kunjungi Pameran Khusus di Keraton Yogyakarta Mulai Maret Ini

Jumenengan Sultan HB X, Yuk Kunjungi Pameran Khusus di Keraton Yogyakarta Mulai Maret Ini


WARTAJOGJA.ID : Peringatan jumenengan atau naik tahtanya Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X yang ke 34 tahun ini, turut diwarnai dengan satu ajang pameran khusus yang digelar Keraton Yogyakarta.

Pameran itu bertajuk Narawandira : Keraton, Alam, Kontinuitas itu dipusatkan di area Kedhaton
Museum Keraton Yogyakarta selama kurang lebih enam bulan, mulai 5 Maret hingga 29 Agustus 2023.

Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Nityabudaya Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara mengatakan dalam pameran itu pengunjung bisa melihat beragam vegetasi yang dipotret dari dekat.


"Vegetasi yang dipamerkan merupakan vegetasi yang memiliki keterkaitan dengan sejarah berdirinya  Keraton Yogyakarta," kata Bendara Senin 6 Maret 2023.

Bendara yang juga Ketua Pelaksana dan Penanggung Jawab Pameran Narawandira mengatakan, perjalanan berdirinya Keraton Yogyakarta tak bisa dilepaskan dengan vegetasi yang mengitarinya sebagai bagian alam.

"Lebih dari 10 dekade setelah peradaban hutan beringin dibangun Pangeran Mangkubumi (Sri Sultan HB I), Yogyakarta menjelma menjadi kota kerajaan yang subur," kata Bendara.

"Kedekatan keraton dengan alam pun secara kontekstual dimanifestasikan dalam falsafah utama Keraton yakni Hamemayu Hayuning Bawana," ujar Bendara.

Kontinuitas dari keraton dan alam selanjutnya mewujud pada pemanfaatan vegetasi tepat guna dalam berbagai kepentingan, baik sakral maupun profan. 

"Pameran ini menjadi potret dari keberlangsungan keraton dalam menjaga alam dan merawat kontinuitas dari narasi historis Yogyakarta sebagai kota peradaban di antara bentang alam Merapi dan Laut Selatan," kata dia.

Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X saat  membuka pameran itu pada Sabtu 4 Maret 2023 mengatakan tidak sekadar tanaman padi dan tebu yang mencatat sejarah dalam perubahan tata pemerintahan Yogyakarta.

"Ada pula vegetasi historis dan filosofis seperti pohon asem, tanjung, gayam, beringin, hingga pohon kepel dan belimbing wuluh begitu dekat dengan kosmis Masyarakat Jawa," kata Sultan.

Sultan menuturkan bentang sumbu filosofi yang kini menjadi jalan-jalan protokol bagi masyarakat di Yogyakarta, perlu dijaga vegetasinya. 

Arti Narawandira sebagai tajuk pameran ini berasal dari kata Nara yang berarti manusia dan wandira yang berarti pohon beringin.

"Beringin sering menjadi representasi dari seorang pemimpin, sebab memiliki keistimewaan yaitu kuat dan kokoh, mudah beradaptasi, menjadi pengayom dan penopang, dapat memberi manfaat dan terus bertumbuh," kata GKR Bendara.

"Dalam pameran ini, kami ingin menghadirkan potret dari peran manusia sebagai tokoh utama dalam pelestarian alam,” ujar Bendara.

Adapun tiket masuk Pameran Narawandira ini sebesar Rp 15.000 per orang, Pengunjung yang hadir dengan grup minimal 20 orang akan mendapatkan diskon tiket masuk 10 persen.

Tiket dapat dibeli langsung di tempat pembelian tiket masuk area Kedhaton di Kamandhungan Lor. (Ard)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment