News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jalan Sehat Meriahkan Festival Teras Malioboro

Jalan Sehat Meriahkan Festival Teras Malioboro




WARTAJOGJA.ID : Peringatan ulang tahun perdana beroperasinya pusat cinderamata Teras Malioboro 1 diramaikan dengan Festival Teras Malioboro yang digelar 7-12 Februari 2023.

Wisatawan yang berbelanja berbagai cinderamata di area yang berada di ujung selatang Jalan Malioboro atau seberang Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta, bisa mendapatkan berbagai promo menarik sampai megikuti berbagai pertunjukkan seni secara gratis.

Pada Jumat 10 Februari 2023 misalnya. Ribuan warga baik warga Yogyakarta dan wisatawan serta pedagang tumplek blek mengikuti jalan sehat dan pemeriksaan kesehatan gratis sembari menikmati penampilan bintang tamu musisi Yogya, Ngatmo Mbilung.

Sehari sebelumnya, para pengunjung juga dihibur arak-arakan tiga gunungan yang berisi berbagai barang dagangan pedagang Teras Malioboro 1 untuk dirayah atau diperebutkan secara cuma-cuma. 

Tak hanya itu, selama festival ini beberapa tenant menggeber promo seperti beli makanan gratis minuman sampai diskon kaos hingga 70 persen.

“Setahun usia Teras Malioboro 1 ini fokusnya bagaimana kawasan ini bisa menjaring wisatawan untuk datang, kami gali beberapa tantangan yang dihadapi pedagang dan menemukan sejumlah hal yang perlu difasilitasi,”  kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM DI Yogyakarta Sri Nurkyatsiwi Jumat.

Sri menuturkan, salah satu tantangan itu yakni ketika para pedagang harus berkomunikasi dengan para turis mancanegara yang berbelanja. 

“Dari usulan soal pangsa turis manca itu, tahun ini kami akan memberikan pelatihan Bahasa Inggris pada para pedagang di Teras Malioboro ini,” kata Sri.

Selain itu, belum semua pedagang di Teras Malioboro terbiasa dengan pembayaran cashless atau non tunai. Sehingga ketika ada wisatawan yang terbiasa tak membawa uang tunai untuk belanja mereka kesulitan melayani.

“Penerapan cashless ini yang akan kami dampingi, karena jika semua bisa cashless itu maka perputaran transaksi bisa tercatat lebih baik dan dievaluasi,” kata Sri yang menyebut selama Maret sampai Desember 2022 total kunjungan di Teras Malioboro 1 sebesar 2.765.751 pengunjung.

Sri menambahkan Festival Teras Malioboro menjadi andalan event untuk menjaga traffic kunjungan wisatawan. Sebab dari kunjungan wisatawan itu, omset para pedagang bisa dikerek naik.

"Jika traffic kunjungan terjaga, berikutnya kami bisa menyusun strategi bagaimana spending money wisatawan saat belanja di sini meningkat," kata dia. Sri mencontohkan, dengan kunjungan setahun pertama sebesar 2,7 juta jika per orang wisatawan menghabiskan Rp 50 ribu saja, maka putaran uang berkisar Rp 135 miliar. 
"Tapi kan yang berkunjung belum tentu belanja semua, makanya kami sedang evaluasi apakah kami perlu kembangkan event-event khusus di malam hari," kata dia.
Saat ini, kata Sri, Teras Malioboro juga telah dilengkapi semacam anjungan informasi yang bisa menjadi guide bagi pengunjung sedang ada program dan promo apa saja yang bisa dinikmati.   
Adapun Kepala Balai Layanan Bisnis dan UMKM DI Yogyakarta Hellen Phornica menambahkan Festival Teras Malioboro sebagai apresiasi perjuangan para pedagang dalam satu tahun adaptasi. Dari yang sebelumnya berjualan di trotoar ke sentra khusus. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment