News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Terus Bergerak, Sido Muncul Gelar Layanan Operasi Gratis 150 Penderita Katarak di Bandung

Terus Bergerak, Sido Muncul Gelar Layanan Operasi Gratis 150 Penderita Katarak di Bandung


Penyerahan bantuan biaya operasi secara simbolis oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Karumkit Bhayangkara TK II Sartika Asih Bandung Kombes Pol dr SN Imanta Tarigan, SpPk, Kamis (8/12/2022). 

WARTAJOGJA.ID: PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk menggelar pelayanan operasi katarak gratis di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung, Kamis (8/12).

Sido Muncul menggandeng SPBK Perdami Pusat atau Organisasi Profesi Dokter Spesialis Mata Indonesia guna melakukan operasi gratis bagi 150 penderita katarak dalam rangka HUT RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung ke-22. 

Kegiatan tersebut pun dibantu oleh Yayasan Selaras untuk mengkoordinasikan pasien.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat kepada Karumkit Bhayangkara TK II Sartika Asih, Bandung Kombes Pol Imanta Tarigan. Penyerahan simbolis pun turut disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Anhar Hadian dan Perwakilan Perdami, dr. Maulia Fitra Purnama dan dr. Widya Anandita.

“Terakhir kali kami adakan di RS Bhayangkara TK II Sartika Asih Bandung tahun 2020, saat itu bersama dengan SDM Polri. Kali ini bersama SPBK Perdami Pusat, ada 150 pasien yang akan mengikuti operasi katarak gratis. Calon pasien telah menjalani proses screening dan langsung dioperasi pada hari yang sama. Kami menyambut baik kerja sama dengan SPBK Perdami Pusat juga RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung. Harapan kami bisa membantu para penderita katarak untuk kembali beraktivitas,” ucap Irwan Hidayat.

Irwan menuturkan adanya operasi katarak gratis adalah komitmen Sido Muncul guna meningkatkan kesehatan masyarakat di bagian penglihatan. Diketahui, Sido Muncul telah melakukan operasi mata lebih dari 55.000 pasien di seluruh Indonesia sejak 2011.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap jumlah penderita katarak semakin kecil. Sebab orang itu kalau kehilangan penglihatan, 50 persen kualitas hidupnya hilang. Apalagi masalah katarak itu banyak dan terus bertambah setiap tahunnya. Untuk itu, kehadiran kami di sini bukan hanya membantu saja, melainkan juga memberitahu kepada orang-orang bahwa katarak bisa disembuhkan hanya dengan operasi,” ucap Iwan.

Karumkit Bhayangkara TK II Sartika Asih, Bandung Kombes Pol Imanta Tarigan mengatakan pasien katarak datang dari berbagai wilayah seperti Bandung Raya, Bandung Barat, Garut, Tasimalaya, Subang, hingga Cianjur.

"Sehingga didapat jumlahnya 300 orang. Biasanya dari 300 orang itu hanya 50 persen yang layak untuk dioperasi, karena harus diskrining dulu. Setelah lulus (skrining) bisa di operasi," ucap Imanta.

Imanta mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, 8-9 Desember 2022. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi bila dalam satu hari tidak mencukupi waktu.

Imanta sangat berterima kasih kepada PT Sido Muncul dan Perdami karena telah bekerja sama dalam menyelenggarakan kegiatan operasi katarak bagi masyarakat.

"Semoga ke depannya masih bisa bekerja sama, tahun-tahun ke depan tetap melaksanakan bakti kesehatan tidak hanya dalam rangka ulang tahun, mungkin dalam rangka yang lain kita dilanjutkan kerja samanya," ucap Imanta.

Perwakilan Perdami Pusat, dr. Widia Anandita berharap dengan adanya kerja sama dan kegiatan ini dapat memberantas kebutaan di Indonesia.

"Karena operasi katarak itu adalah suatu cara post-efektif untuk meningkatkan kualitas hidup pasien," ucap Widia.

Selain Operasi Katarak Gratis, Sido Muncul juga terus berkomitmen meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat. Baru-baru ini, Sido Muncul menggelontorkan dana hingga Rp 1 milliar dalam membantu para korban gempa di Kabupaten Cianjur. Selain itu, Sido Muncul juga memberikan operasi bibir sumbing gratis di berbagai wilayah di Indonesia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment