News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sido Muncul dan KemenkopUKM Kerjasama Kembangkan Rantai Pasok Komoditas Bahan Baku Jamu

Sido Muncul dan KemenkopUKM Kerjasama Kembangkan Rantai Pasok Komoditas Bahan Baku Jamu


Penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dan Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop-UKM Yulius yang disaksikan Menkop UKM Teten Masduki di Kantor Sido Muncul, Jakarta, Jumat (16/12/2022) (Dok. Sido Muncul)

WARTAJOGJA.ID : Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM) bersinergi dengan PT Industri Farmasi Dan Jamu Sido Muncul Tbk untuk mengembangkan rantai pasok komoditas bahan baku jamu dari petani hingga pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dan Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop-UKM Yulius serta disaksikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop dan UKM) Teten Masduki di Kantor Sido Muncul, Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Irwan Hidayat pun menyambut baik kerja sama ini. Ia mengungkapkan, sudah sejak lama Sido Muncul menggandeng petani untuk menyuplai bahan baku jamu. Hingga saat ini, Sido Muncul telah bermitra dengan 160 petani rintisan, 20 petani binaan, dan 11 kelompok tani mandiri.

“Jadi konsep kerja Sido Muncul, di hilir kami punya distributor yang dulu awalnya dari salesman kami. Kemudian pada tahun 2000 kami membeli bahan baku dari supplier, ternyata makin lama kebutuhannya semakin banyak. Kita harus berupaya mencari jalan, dan kita mulai membina kelompok-kelompok tani, yang pertama dari Tawangmangu,” ujar Irwan.

“Kita lihat perkembangan industri jamu itu luar biasa. Jadi permintaan rempah-rempah herbal banyak sekali, sehingga pada 2011 kami juga mendirikan pabrik ekstraksi rempah di Semarang,” lanjutnya.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, pun menyampaikan apresiasinya kepada Sido Muncul yang peduli dan aktif mendukung pengembangan UMKM Indonesia melalui program kemitraan. Menurutnya, kerja sama ini menjadi upaya untuk memperkuat posisi UMKM tanah air, terutama di sektor industri jamu.

“Saya mengucapkan terima kasih karena melalui kemitraan ini berarti perusahaan besar juga punya misi untuk mengajak supplier dan distributornya ikut tumbuh dan berkembang. Ini juga menjadi harapan pemerintah bahwa UMKM dapat terintegrasi dengan industri. 

Sido Muncul memiliki pengalaman bukan hanya penjualannya yang semakin naik hingga meraih banyak penghargaan, tapi juga memiliki kepedulian sosial dan lingkungan,” kata Teten.

Teten melanjutkan, kemitraan rantai pasok bagi pelaku usaha mikro dapat meningkatkan produktivitas, transfer teknologi dan pengetahuan, kepastian pasar dengan harga jual stabil, hingga adanya nilai tambah produk. Kerja sama ini juga selaras dengan UU Cipta Kerja yang mengajak pengusaha besar untuk bermitra dengan UMKM agar bisa “naik kelas” dan lebih mudah mendapatkan pembiayaan.

“Di UU Cipta Kerja, kemitraan antara usaha besar dan usaha kecil sudah kita desain. Nanti akan ada insentif pajak hingga pembiayaan koperasi melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jadi kita ingin yang kecil-kecil seperti supplier Sido Muncul tidak bertani sendiri-sendiri, mereka harus mulai berorganisasi,” jelas Teten.

Deputi Bidang Usaha Mikro KemenkopUKM, Yulius, menjelaskan bahwa akan dilakukan pengembangan kemitraan bahan baku jamu di dua lokasi yaitu Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Bondowoso sebagai pilot project mulai 2023.

Di Kabupaten Pemalang akan dikembangkan komoditas jahe, kencur, kapulaga, dan sereh di atas lahan seluas 14 hektare, serta melibatkan sekitar 70 petani melalui kerja sama dengan Koperasi Nafi Berkah Jaya. Sedangkan di Kabupaten Bondowoso, akan dikembangkan komoditas jahe dan kunyit dengan lahan seluas 50-70 hektare yang melibatkan sekitar 100 orang petani di bawah naungan koperasi produsen Agro Farm Bondowoso.

“Kami berharap pilot project kemitraan rantai pasok bahan baku jamu di Kabupaten Pemalang dan Bondowoso dapat memberikan manfaat ekonomi bagi para petani dan koperasi, dan tentunya akan terus dilakukan pengembangan kemitraan sejenis di wilayah lain,” kata Yulius.

Mengawali kerja sama ini, Irwan Hidayat pun melakukan penyerahan Purchase Order (PO) 4 ton simplisia kering jahe secara simbolis kepada perwakilan Tani Harapan Maju Jaya, anggota Koperasi Nafi Berkah Jaya, Sudir, dari Pemalang. Ia berharap Sido Muncul bersama KemenkopUKM dapat membantu petani agar hasil panennya jauh lebih baik.

“Kami ingin mereka lebih hemat dan konsepnya kami ingin membagikan mata rantai supaya keluar dari pabrik kami. Kami juga membina kelompok-kelompok tani dan nantinya kami berharap mereka akan semakin besar,” jelas Irwan.

“Dari pertemuan ini, nantinya kami harapkan mereka dibina untuk segera mendirikan koperasi, sehingga kami dapat berhubungan dengan lebih banyak koperasi. Kami membina secara terpadu, di samping berbisnis kami juga melakukan kerja sama hulu ke hilir, dan mengajarkan bagaimana menjaga lingkungan agar tidak rusak,” pungkasnya.

Melalui sinergi ini, Sido Muncul dan KemenkopUKM juga akan melakukan pembinaan dan pengembangan usaha mikro melalui pelatihan, bimbingan, pendampingan, serta dukungan terhadap fasilitas proses produksi pasca panen hingga distribusi pemasaran. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment