News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

MATTA Travel Exchange, Event Seller dan Buyer Industri Wisata Geliatkan Wisata Kembali

MATTA Travel Exchange, Event Seller dan Buyer Industri Wisata Geliatkan Wisata Kembali


MATTA Travel Exchange, Event Seller dan Buyer Industri Wisata Geliatkan Wisata Kembali

WARTAJOGJA.ID : Pelaku industri pariwisata Malaysia terus berupaya menggaet wisatawan asal Indonesia. Sebab, Malaysia menganggap pangsa pasar wisatawan Indonesia sangat potensial.

Direktur Tourism Malaysia, Junus Suhid mengatakan, tahun ini Malaysia menargetkan sembilan juta wisatawan internasional datang ke Malaysia. Dan mereka membidik wisatawan asal Indonesia karena telah menjadi market yang utama industri pariwisata di negeri Jiran ini.

Junus mengatakan kalangan pelaku jasa perjalanan di Malaysia menempatkan Indonesia sebagai pasar paling potensial kunjungan wisata mereka.

Malaysia menargetkan ada sebanyak 9 juta wisatawan internasional datang ke Malaysia tahun ini dan  Indonesia termasuk penyumbang kunjungan wisatawan terbesar kedua setelah Singapura.

"Malaysia telah dikunjungi setidaknya 799 ribu wisatawan dari Indonesia sejak border dibuka pada 1 April 2022 sehingga September 2022," kata dia.

Yogyakarta pun, kata Junus, dibidik jasa pelaku perjalanan karena merupakan satu pusat destinasi berkumpulnya wisatawan baik domestik dan mancanegara di Indonesia selain Bali.

"Jadi kami perbanyak event B2B  (business-to-business) seperti travel exchange ini untuk memperluas peluang kunjungan dari Indonesia itu," kata Junus.

Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau ASITA DI Yogyakarta menilai Malaysia bisa menjadi gerbang masuk untuk mendongkrak kunjungan wisatawan asal Eropa ke Indonesia di masa pemulihan wisata saat ini.

"Bandara YIA (Yogyakarta International Airport) sekarang punya dua maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Malaysia ke Yogyakarta, itu satu pintu masuk wisatawan Eropa ke Indonesia," kata penasihat Asita DIY, Tasbir Abdullah di sela pembukaan event MATTA Travel Exchange di Yogyakarta Selasa 13 Desember 2022.

Pada event yang digagas Malaysia Association of Tour and Travel Agents pada 12-15 Desember 2022 itu, Tazbir mengungkapkan dalam dunia pariwisata, posisi Malaysia dan Indonesia saling menjadi hub yang menghubungkan negara Eropa dan Australia. Juha dengan bebarapa negara Asia.

"Malaysia itu main hub bagi Indonesia, begitu juga Indonesia juga main hub untuk Malaysia, jadi yang dibutuhkan sekarang bagaimana bandara YIA bisa melayani perbangan langsung lebih banyak lagi," kata dia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment