News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mahasiswa ISI Yogyakarta Didorong Jadi Wirausaha

Mahasiswa ISI Yogyakarta Didorong Jadi Wirausaha


WARTAJOGJA.ID : Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) menggelar acara Young Entrepreneur Wanted di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta pada Kamis (8/12/2022).

Pembantu Rektor III Muhamad Sholahuddin, S.Sn., M.T. dalam sambutannya menyambut baik pelaksanaan acara dan mendukung para mahasiswanya untuk menjadi wirausaha.

Dijelaskannya, ISI Yogyakarta sebelumnya telah memiliki Program Wirausaha Mahasiswa (PMW) yang sudah berlangsung sejak 10 tahun silam.

"Jadi tujuan dari Young Entrepreneur Wanted ini ialah menambah persentase masyarakat Indonesia yang berwirausaha. Kalau sekarang persentasenya masih rendah, diharapkan bisa meningkat," kata Sholahuddin.

"Harapannya mahasiswa tumbuh jiwa kewirausahaannya, sehingga lebih banyak lagi yang mengikuti program wirausaha mahasiswa di ISI Yogyakarta dan nantinya bisa mewakili ke kompetisi wirausaha tingkat nasional. Diharapkan mahasiswa menjadi mahasiswa unggul yang siap bersanding dan bertanding di era global dengan jiwa kewirausahaan," kata dia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang jadi keynote speaker secara virtual mengajak lebih banyak mahasiswa dan anak muda pada umumnya untuk menumbuhkan UMKM social entrepreneur yang berpola pikir mendirikan usaha untuk sekaligus mensejahterakan masyarakat sekitar.

"Sehingga penting peran kampus untuk menciptakan entrepreneur unggul. Di samping itu yang tak kalah penting yakni membangun inkubator bisnis dari sisi seni ini, selain untuk membangun industri seni di antaranya animasi, seni pertunjukan, kriya, desain, film, seni rupa, dan sebagainya, senimannya kan harus punya mindset entrepreneurship," ujar Teten Masduki.

Demi mewujudkan seniman yang memiliki mindset entrepreneurship, menurut Teten Masduki yang tak kalah penting ialah harus disiapkan ekosistem bisnisnya.

Ditambahkannya, saat ini pemerintah sedang berupaya untuk menambah 1 juta wirausaha baru hingga 2024.
Target ini juga akan berkontribusi pada jumlah wirausaha baru di Indonesia menuju visi Indonesia Emas 2045.

"Untuk menjadi negara maju, kita harus punya 10 persen sampai 12 persen pengusaha dari seluruh populasi. Indonesia baru 3,18 persen," ujarnya.

Young Entrepreneur Wanted merupakan forum dialog terbuka yang dilakukan Menteri Koperasi dan UKM dengan para mahasiswa yang dilakukan di beberapa perguruan tinggi.

Forum ini bertujuan sebagai sarana untuk memotivasi para mahasiswa untuk menjadi wirausaha dan menanamkan jiwa kewirausahaan di lingkungan akademik. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment