News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Langkah KAI Daop 6 Yogyakarta Maksimalkan Layanan Libur Nataru

Langkah KAI Daop 6 Yogyakarta Maksimalkan Layanan Libur Nataru


 

WARTAJOGJA.ID : Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta maksimalkan layanan pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), salah satunya dengan mulai mengaktifkan posko angkutan Nataru 2022/2023 yang akan berlangsung 18 hari, 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Posko Angkutan Nataru KAI ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan di stasiun-stasiun KA agar angkutan penumpang dengan kereta api pada 18 hari masa posko berjalan dengan lancar, aman dan nyaman.

"Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia (SDM), sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan KAI secara keseluruhan," ujar Franoto Wibowo, Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta usai apel gelar pasukan Kamis (22/12/2022).

Diharapkan dengan maksimalnya persiapan KAI menyambut Angkutan Nataru, seluruh proses perjalanan mudik maupun balik berjalan lancar tanpa kendala.

Ia menjelaskan Daop 6 menyiagakan 1.940 pegawai mulai dari pelaksana hingga top management guna memastikan pelayanan dan penerapan protokol kesehatan di stasiun berjalan dengan baik.

Seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati.

"KAI konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di peak season seperti Angkutan Nataru," kata dia.

Adapun sebagai langkah pengamanan bagi pengguna jasa kereta api, Daop 6 menyiagakan 485 petugas pengamanan internal (149 Organik dan 336 Non-Organik), 58 BKO dari TNI dan Polri.
Petugas akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, serta melaksanakan patroli mobile sepanjang lintas jalur KA yang rawan tindakan kejahatan.

Di samping itu, para petugas pengamanan juga tetap akan menegakkan protokol kesehatan bagi seluruh pelanggan di stasiun dan selama perjalanan.

“KAI sebagai salah satu moda utama transportasi nasional dalam masa Nataru ini berkomitmen memastikan perjalanan mudik berlangsung dengan selamat, aman, lancar, dan penuh kegembiraan,” jelasnya.

KAI secara disiplin 
mengimplementasikan protokol kesehatan sesuai yang telah ditetapkan pemerintah berdasarkan aturan SE Kemenhub No 84 Tahun 2022 serta aturan terbaru yang diterapkan untuk Natal dan Tahun Baru 2022/2023 kali ini adalah berdasarkan terbitnya SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 Dan Tahun Baru 2023.

Pada Angkutan Nataru 2022/2023 ini, KAI Daop 6 menyediakan 271.500 tempat duduk selama periode tersebut. Sampai dengan 21 Desember, KAI telah menjual 122.960 tiket KA Jarak Jauh atau 45 persen dari total yang disediakan

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment