News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hujan Tanpa Henti di Lereng Merapi, Jip Wisata Merapi Sempat Terjebak Banjir Kali Kuning

Hujan Tanpa Henti di Lereng Merapi, Jip Wisata Merapi Sempat Terjebak Banjir Kali Kuning


Hujan Tanpa Henti di Lereng Merapi, Jip Wisata Merapi Sempat Terjebak Banjir Kali Kuning (dok.BPBD Sleman)

WARTAJOGJA.ID : Sedikitnya tiga unit jip wisata terjebak aliran banjir di Kali Kuning Sleman Yogyakarta pada Kamis 29 Desember 2022.

Jip-jip itu sedianya membawa para wisatawan menyusuri rute favorit namun akhirnya harus batal melanjutkan perjalanannya karena banjir keburu membesar dan jip itu musti ditinggalkan begitu saja hingga tenggelam.

"Untuk penumpang dan sopir jip wisata itu berhasil di evakuasi sebelum aliran banjir di Kali Kuning membesar," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Yogyakarta Makwan Kamis.

Jip wisata lava tour, pada masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini menjadi moda favorit wisatawan pecinta petualangan. Kali Kuning yang berhulu Gunung Merapi menjadi rute favorit meski rawan banjir.

Meskipun cuaca di lereng Gunung Merapi belakangan sering hujan, tak jarang wisatawan tetap antusias menyewanya sehingga mereka dengan mengenakan mantel tetap menerjang hujan.

Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Dardiri mencatat pada libur Natal lalu (25 Desember) saja, sedikitnya ada 4 ribuan wisatawan yang menggunakan jip wisata itu dalam sehari.

"Kalau cuaca bersahabat nanti pas malam tahun baru bisa sampai 18 ribu wisatawan," kata Dardiri yang menyebut liburan ini ada sebanyak 1.000 armada jip beroperasi di mana tiap armada rata rata mengangkut tiga sampai empat kali penumpang.

Hanya saja, kata Dardiri, para pengelola jip wisata di lereng Merapi sepakat untuk meniadakan paket wisata malam alias tidak beroperasi pada malam tahun baru nanti. Sebab diprediksi cuaca akan buruk sehingga cukup beresiko.

Para pengelola jip wisata juga terus diminta untuk mewaspadai cuaca buruk demi memastikan keselamatan wisatawan. 

Para pengelola jip wisata diminta tertib dengan standar operasional prosedur keselamatan. Seperti penggunaan helm bagi setiap penumpang, pengecekan oli mesin, oli rem, air radiator, dan komponen vital lain yang berpotensi mengganggu performa kendaraan.

"Kalau masih ada kendala kami minta jip tidak dioperasikan dulu," kata Dardiri.

Adapun untuk tarif sewa jip wisata Merapi sendiri dimulai dari Rp 350 hingga Rp 800 ribu tergantung panjangnya rute yang dilintasi. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment