News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gandeng BenihBaik.com, Sido Muncul Beri Rp 300 Juta ke Korban Gempa Cianjur

Gandeng BenihBaik.com, Sido Muncul Beri Rp 300 Juta ke Korban Gempa Cianjur

 

Penyerahan bantuan dari Sido Muncul senilai Rp 300 juta untuk korban gempa di Cianjur dan Rp 240 juta untuk pengadaan mikroskop untuk menunjang operasi katarak. Foto: dok. Sido Muncul

WARTAJOGJA.ID : PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk kembali menyalurkan bantuan untuk para korban gempa berkekuatan 5,6 magnitudo, masyarakat Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Bantuan itu disalurkan melalui BenihBaik.com, salah satu platform crowdfunding di Tanah Air.Bantuan senilai Rp 300 juta itu diserahkan oleh Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat kepada pendiri BenihBaik.com sekaligus bintang iklan Sido Muncul, Andy F. Noya di kantor Sido Muncul, Senin (5/12).

Meski telah dua minggu dilanda gempa berkekuatan 5,6 magnitudo, masyarakat Kabupaten Cianjur masih merasakan gempa-gempa susulan. Kepala BMKG Jabar, Teguh Rahayu bahkan menyebut, terdapat 4 kali gempa pada Minggu (4/12).

Adapun bentuk bantuan Sido Muncul berupa 500 terpal dengan ukuran 4x5m dan 35 tenda ukuran 8 orang. Sido Muncul juga menyerahkan beberapa produk kesehatan, seperti Tolak Angin Cair, Tolak Angin Anak, dan Tolak Angin Flu.

“Kami berterima kasih kepada Benihbaik.com yang telah menjembatani penyaluran bantuan ini. Semoga keadaan masyarakat terdampak gempa di Cianjur bisa segera membaik,” kata Irwan.

Sementara itu, Andy F. Noya mengatakan, pemberian bantuan ini dilatarbelakangi karena masih banyak korban yang masih berada di rumah dan belum mengungsi. Bantuan dari Sido Muncul akan dialokasikan menjadi kebutuhan logistik.

“Ternyata dari laporan di lapangan (Cianjur) banyak saudara kita yang masih bertahan di rumah karena takut meninggalkan harta bendanya. Jadi nanti bantuan ini akan dialokasikan untuk membuat tenda (di sekitar lokasi gempa),” kata Andy.

Ini bukan pertama kali Sido Muncul berkontribusi meringankan beban korban gempa Cianjur. Sebelumnya, perusahaan yang berdiri sejak 1951 ini telah menyalurkan bantuan senilai Rp 500 juta melalui Komando Resor Militer (Danrem) 061 Surya Kencana berupa sembako, obat-obatan, dan produk Sido Muncul.

“Kami juga memberikan bantuan senilai Rp 75 juta melalui Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Badan POM senilai Rp 40 juta, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak di lokasi pengungsian senilai Rp 20 juta, dan RSPAD senilai Rp 22 juta, berupa produk- produk Sido Muncul agar lebih mudah dalam pendistribusiannya,” lanjut Irwan.

Tak hanya bantuan kepada korban gempa, Sido Muncul juga menyalurkan mikroskop senilai Rp 240 juta melalui Benihbaik.com. Nantinya, bantuan ini akan diteruskan kepada Perdami Jawa Barat guna menunjang kegiatan bakti sosial berupa operasi katarak.

Pada kesempatan yang sama, Irwan turut mengumumkan pencapaian terbaru dari Sido Muncul yang mendapatkan Indonesia’s SDGs Action Award 2022 dari Bapenas. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa perusahaan telah  memberikan dampak nyata di masyarakat dengan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

Indonesian SDGs Action Award 2022 merupakan ajang penghargaan bagi pihak-pihak yang berkontribusi memberi dampak nyata kepada masyarakat yang sejalan dengan 17 tujuan SDG. Tak hanya dilakukan negara maju, hampir seluruh negara di dunia berupaya mewujudkan 17 tujuan SDGs untuk lingkungan dan pemberdayaan yang lebih baik.

Dalam proses penjurian, Sido Muncul bersaing dengan 252 perusahaan dan lolos sebagai 5 besar terbaik. Selain Sido Muncul, ada PT Bank Central Asia Tbk, PT Telkom Indonesia Tbk, Danone Group, dan Chandra Asri Petrochemical. Setelah melalui proses panjang, Sido Muncul dianugerahkan pemenang pertama pada kategori Pelaku Usaha Besar, disusul oleh BCA dan Telkom.

“Penghargaan ini mengingatkan saya pada visi misi utama Sido Muncul, yaitu memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. SDGs Action Award 2022 melengkapi Sido Muncul dalam mengembangkan usaha yang berkelanjutan,” kata Irwan.

Irwan menjelaskan, dalam pengoperasian pabrik, Sido Muncul menerapkan konsep clean energy atau energi bersih. Konsep ini merupakan upaya pemanfaatan sumber energi terbarukan dan teknologi yang efisien. Sehingga, pemakaian energi bisa lebih hemat dan ramah lingkungan.

“Di (pabrik) Sido Muncul, sebagian besar bahan bakar menggunakan limbah jamu. Sisanya hanya 11 persen yang menggunakan solar,” jelas Irwan.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, melalui penghargaan ini, Sido Muncul akan menguatkan tanggung jawab perusahaan dalam sektor lingkungan maupun sosial.

“(Dengan didapatkannya penghargaan ini) kami akan melanjutkan berbagai kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat. Kedua, kami juga akan ikut mempromosikan penerapan SGDs agar pada 2030 seluruh tujuan kehidupan berkelanjutan bisa tercapai,” pungkasnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment