News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sultan HB X Geram Tanah Kas Desa Malah Dipakai Bangun Villa

Sultan HB X Geram Tanah Kas Desa Malah Dipakai Bangun Villa




WARTAJOGJA.ID : Raja Keraton yang juga  Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menyoroti sejumlah oknum kepala desa yang kedapatan memanfaatkan tanah kas desa bukan sesuai peruntukkannya.

Padahal, tanah kas desa seharusnya bisa memberikan manfaat untuk warga desa, utamanya mengentaskan kemiskinan dan pengangguran. Seperti dikelola bersama dalam berbagai bentuk baik pariwisata, peternakan, perikanan,  atau bidang pemberdayaan ekonomi lain bagi warga desa setempat.

"Sudah tiga lurah saya somasi, untuk proses ke pengadilan, karena sudah menyalahgunakan tanah kas desa itu untuk memperkaya dirinya sendiri," kata Sultan saat pelantikan lurah se Kabupaten Bantul di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu 16 November 2022.

Sultan geram, tanah kas desa itu justru ada yang disewakan ke pihak luar desa, dengan memanipulasi tandatangan yang selalu ia berikan sebagai bentuk perijinan.

"Bahkan ada tanah kas desa yang dipakai untuk membangun villa, padahal itu jelas melanggar surat keputusan gubernur, tapi tetap diteruskan,” kata Sultan.

Dengan besarnya potensi permainan para lurah yang memperkaya dirinya sendiri lewat tanah kas desa itu, Sultan mengambil kebijakan baru saat ini. 

Yakni menggunakan alokasi dana keistimewaan yang diterima Pemerintah DIY tiap tahun dari pemerintah pusat, untuk menyewa tanah-tanah kas desa itu dengan besaran Rp.1 miliar per desa per tahun.

Lewat kebijakan baru itu, Sultan berharap bakal mempersempit gerak para lurah lain menyalahgunakan tanah kas desa. Sebab kini pemerintah provinsi yang bertindak sebagai penyewa. Bukan lagi investor luar. 

"Semua lurah yang menyalahgunakan tanah kas desa kami proses hukum agar (bantuan yang dikucurkan dari dana keistimewaan) sebesar Rp 1 miliar itu tidak ikut habis disalahgunakan," kata dia. 

Sultan menyebut tanah tanah kas desa di Yogyakarta yang berstatus Sultan Ground atau dikelola Keraton Yogya, sebenarnya bisa menjadi modal utama meningkatkan perekonomian warga jika dikelola secara bijak. 

Sultan pun mencontohkan tanah-tanah kas desa di lereng Gunung Merapi Kabupaten Sleman juga Bantul yang berhasil dikelola dengan baik untuk sektor wisata dan mendatangkan rejeki tak sedikit bagi warga setempat. 

"Seperti di (kawasan destinasi) Kaliurang barat dan timur," kata dia.

"Jika tanah kas desa itu berhasil dikelola baik dan meningkatkan perekonomian, maka warga desa tak perlu lagi berbondong bondong mencari pekerjaan ke kota," Sultan menambahkan. (Cak/Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment