News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pernikahan Kaesang-Erina, Dinas Pariwisata Yogya Bidik Wisata Ini Naik Pamor

Pernikahan Kaesang-Erina, Dinas Pariwisata Yogya Bidik Wisata Ini Naik Pamor




WARTAJOGJA.ID : Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendorong kalangan pelaku wisata memanfaatkan momentum wisata dari pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono yang sedianya digelar di Yogyakarta dan Solo Desember 2022.

"Dari momen pernikahan Kaesang-Erina itu bisa untuk rebranding kembali Yogyakarta sebagai wedding destination," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo di sela menghadiri Rapat Kerja Daerah Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY di Yogyakarta Senin 28 November 2022.

Singgih menuturkan, gelaran akad pernikahan Kaesang - Erina yang dilangsungkan pada 10 Desember 2022 bisa menjadi pemantik wisatawan baik domestik dan manca negara kembali melihat Yogya sebagai satu lokasi sangat ideal menggelar event pernikahan. 

Selain memiliki banyak destinasi dan bentang alam mendukung untuk pre wedding, dari sisi akomodasi serta hospitality, Yogya juga masih unggul dibanding daerah lain.

"Apalagi saat ini momentumnya bersamaan pandemi Covid-19 mereda, trend pernikahan ikut condong ke lokasi outdoor," kata Singgih 

"Jadi dari satu peristiwa pernikahan Kaesang-Erina ini, sektor destinasi wisata maupun industri pariwisata bisa digarap semua, ditawarkan kepada publik," Singgih menambahkan.

Dinas Pariwisata DIY mencatata geliat pariwisata saat ini benar benar sudah mulai terasa. Di mana okupansi hotel mulai meningkat di kisaran angka 60-80 persen termasuk di area surronding venue atau sekitar acara pernikahan itu.

"Kami berharap yang terdampak dari momen pernikahan ini bukan hanya hotel hotel yang kedatangan lebih banyak tamu, tapi juga kuliner, merchandise, ekonomi kreatif dan juga paket wisata," kata dia.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia DIY Bobby Ardiyanto mengungkapkan saat ini branding Yogya sebagai wedding destination memang perlu dikuatkan lagi pasca pandemi Covid-19 mereda.

"Publik sebagian melihat wedding destination selama ini di Bali, padahal Yogyakarta memiliki potensi luar biasa di situ," kata dia.

Maka, ujar Bobby, momen pernikahan Kaesang - Erina musti bisa digali potensi peluangnya untuk menggenjot wisatawan jelang libur akhir tahun itu. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment