News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kata Yuni Astuti Saat Ditunjuk Sebagai Perempuan Pertama Indonesia Yang Jabat Komandan KOTI Mahatidana

Kata Yuni Astuti Saat Ditunjuk Sebagai Perempuan Pertama Indonesia Yang Jabat Komandan KOTI Mahatidana


Yuni Astuti (ist)
WARTAJOGJA.ID:  Seorang perempuan asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Yuni Astuti, dipilih menjadi Komandan Komando Inti (KOTI) Mahatidana Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) DIY.

Dalam sejarah KOTI Mahatidana di Indonesia, sosok perempuan anggota Pemuda Pancasila asal DIY tersebut tercatat menjadi perempuan pertama yang menjabat komandan organisasi tersebut.

Yuni Astuti mengatakan dirinya memperoleh amanah dari Ketua MPW PP DIY Faried Jayen Soepardjan untuk menjabat Komandan KOTI Mahatidana.

Yuni Astuti bukan merupakan orang baru di MPW PP DIY. Pada periode kepengurusan 2017-2022 perempuan asal Galur Kulonprogo ini pernah menjabat Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila (BP3) MPW PP DIY.

"Sebelum menerima amanah dari Ketua MPW PP DIY sebagai Komandan KOTI Mahatidana wilayah DIY, saya sudah dapat restu juga dari Ketua Umum PP Pak Japto dan Komandan Nasional KOTI Mahatidana Roberth Rouw," ungkapnya, Selasa (1/11/2022).

Saat ini dirinya sedang dalam tahap melengkapi kepengurusan KOTI Mahatidana. 

Yuni Astuti menceritakan, antusiasme anggota PP untuk masuk ke KOTI Mahatidana sangat tinggi. Namun demikian ada sejumlah kualifikasi yang harus dipenuhi untuk bergabung di kepengurusan.

"KOTI Mahatidana ini sewajarnya harus diisi oleh orang-orang pilihan. Saat ini saya sedang melakukan seleksi untuk membentuk kepengurusan. Dalam struktur kepengurusan ini ada beberapa yaitu Komandan, Wakil Komandan, Komandan dan Wakil Detasemen Markas, Asisten Bidang Operasi, Asisten Bidang Personalia dan Perencanaan, Asisten Bidang Pelatihan dan Pengembangan Potensi, Asisten Bidang Informasi dan Humas serta Unit Satgas," terang Yuni Astuti.

Menurut dia, dalam setiap tugasnya, KOTI Mahatidana adalah instrumen pelaksana program MPW PP sehingga harus tunduk dan taat pada Ketua MPW PP.

"Kadang di organisasi ini sering salah kaprah memahami garis komando organisasi. KOTI Mahatidana ini kalau di daerah adalah salah satu badan di dalam struktur MPW PP. Perlu diingat, dalam struktur KOTI Mahatidana memang ada komandan namun juga ada Ketua yang merupakan Ketua MPW PP," tegas Yuni Astuti.

Ke depan, Yuni akan membenahi dan mensolidkan kembali KOTI Mahatidana di DIY mengingat potensi kader-kader dan pengurusnya sangat besar untuk berkiprah membantu masyarakat. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment