News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dua Orang Tertimbun Longsor, Lima Kecamatan Di Gunungkidul Terdampak Banjir

Dua Orang Tertimbun Longsor, Lima Kecamatan Di Gunungkidul Terdampak Banjir




WARTAJOGJA.ID : Hujan deras tanpa henti sejak Jumat petang hingga Sabtu dinihari, 18-19 November 2022 membuat berbagai dampak bencana di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu wilayah terdampak paling parah yakni Kabupaten Gunungkidul.

"Ada dua warga tertimbun longsor di Semin Gunungkidul," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Yogyakarta Kamal Riswandi dalam siaran pers, Sabtu, 19 November 2022.

Proses pencarian dan evakuasi dua korban longsor yang masih satu keluarga itu, masih dilakukan para relawan hingga Sabtu petang karena sulitnya medan. Kedua korban atas nama Kasoijoyo, 90 tahun dan Sukarni, 54 tahun yang berdomisili di Dusun Kandangan, Blembem, Candirejo, Semin Gunungkidul.

Catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul akibat hujan deras yang membuat Kali Oya meluap itu ratusan rumah warga di lima kecamatan terdampak banjir. Selain Kecamatan  Semin, banjir juga melanda sebagian Kecamatan Nglipar, Karangmojo, Ngawen dan Gedangsari Gunungkidul.

Ketinggian banjir berkisar satu hingga dua meter itu tak hanya merusak rumah warga. Namun juga sejumlah fasilitas umum. Seperti terputusnya jembatan dan pipa aliran air bersih warga.

BPBD Kabupaten Gunungkidul pun mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat untuk lebih meningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana hidrometeorologi susulan. 

Seperti pemangkasan pohon lapuk dan cabang berlebih yang menjadikan ancaman jika terjadi angin kencang. Jika terjadi hujan deras disertai angin kencang untuk menghindari pohon besar, tiang listrik, baliho, daerah rawan longsor dan daerah aliran sungai. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment