News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dorong Ketahanan Pangan, Emak-emak di Gunung Kidul Dukung Ganjar Pranowo

Dorong Ketahanan Pangan, Emak-emak di Gunung Kidul Dukung Ganjar Pranowo




WARTAJOGJA.ID - Ribuan emak-emak yang berjejaring dalam Mak Ganjar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar 'Dzikir Akbar dan Doa Bersama Untuk Indonesia' di Balai Dukuh Padukuhan Karangduwet 1, Karangrejek, Wonosari, Gunung Kidul, DIY dengan intensi mencari figur pemimpin nasional. 

Emak-emak di Gunung Kidul ini menilai, hanya kepemimpinan Ganjar Pranowo yang menonjol dan fokus mewujudkan, mendorong, dan mengupayakan ketahanan pangan untuk masyarakat. 

"Beliau sangat memperhatikan masyarakat kecil ya, terutama dalam hal-hal kedaulatan pangan," kata Koordinator Wilayah Mak Ganjar DIY, Rindi Astika Yuliana dalam keterangannya di lokasi, Jumat (11/11/2022). 

Adapun, Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode terus menjalankan berbagai program dan aksi nyata dalam mendukung ketahanan pangan. Seperti gerakan lumbung pangan, pendampingan dan akses permodalan terhadap UMKM pengolah pangan lokal, hingga gerakan tanam pangan di pekarangan. 

Tak hanya itu, Ganjar juga mengoptimalkan lahan tak produktif dna gersang di Jateng untuk ditanami pangan alternatif. Bahkan, Ganjar mendorong peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai (pajale) dengan pelibatan Badan Riset dan Inovasi Negara (BRIN) dan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Jateng. 

Berkat upaya tersebut, Ganjar merealisasikan produksi padi hingga September 2022 mencapai 8.238.177 ton dan akan mencapai 9.579.069 ton di akhir tahun. Sementara, produksi jagung pada periode yang sama mencapai 3.047.712 ton dan kedelai 47.246 ton. 

"Dan itu yang membuat hati kita, emak-emak untuk mendukung Pak Ganjar Pranowo Presiden RI 2024 agar Indonesia menjadi lebih sejahtera," kata Rindi. 

Di samping itu, Rindi menyebut, Ganjar adalah sosok pemimpin yang supel dan diterima oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Menurut Rindi, Ganjar merupakan figur yang dapat memposisikan diri di berbagai lini dan elemen masyarakat, sehingga tepat menjadi pemimpin nasional. 

"Kita akan terus memperkenalkan sosok Pak Ganjar Pranowo dalam segala hal, khususnya di DIY, 4 Kabupaten dan 1 Kota Madya. Jadi kita hampir setiap hari melakukan perkenalan masyarakat, silaturahmi, berkunjung kepada masyarakat, bahwa iniloh sosok Presiden RI 2024," tuturnya. 

Rindi berharap, bangsa Indonesia semakin maju lewat figur pemimpin terbaik yang dapat terus memperjuangkan kesejahteraan. Rindi mengatakan, sosok itu adalah mantan anggota DPR RI yang kini menjabat Gubernur Jateng, yakni Ganjar Pranowo. 

"Harapan kita ke depan Indonesia menjadi lebih baik, terhindar dari segala problematika apapun, dalam hal ekonomi terutama. Kita ingin Indonesia menang dalam kedaulatan pangan, bisa menjadi negara maju dalam segala hal. Tidak hanya peradaban, tapi maju dari segi ekonomi," kata Rindi. 

Selain menggelar 'Dzikir Akbar dan Doa Bersama Untuk Indonesia', Mak Ganjar DIY juga memberikan santunan kepada anak yatim di Kelurahan Karangrejek. Selain anak yatim, santunan juga diberikan kepada anak berkebutuhan khusus.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment