News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dinas Kebudayaan DIY Gelar Welcome Back To Museum Lintas Generasi Duta Museum DIY  

Dinas Kebudayaan DIY Gelar Welcome Back To Museum Lintas Generasi Duta Museum DIY  


Dinas Kebudayaan DIY Gelar Welcome Back To Museum Lintas Generasi Duta Museum DIY  

WARTAJOGJA.ID: Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, menggelar kegiatan temu duta museum lintas generasi. Kegiatan ini berlangsung di Museum Sonobudoyo, yang berlangsung 2 hari, yaitu pada tanggal 19 dan 20 November 2022, yang dikemas dalam kegiatan Welcome Back To Museum.

Kegiatan silaturahmi antar-angkatan Duta Museum DIY ini diawali dengan adanya Museum Fashion Day. Kegiatan Museum Fashion Day (MFD) ini dilakukan di Museum Sonobudoyo. Kegiatan dibuka oleh Kepala Museum Sonobudoyo, Setyawan Sahli SE., MM. 

Dalam sambutannya, Setyawan Sahli mengatakan bahwa, “Adanya kegiatan reuni Duta Museum antar-angkatan yang dikemas dalam Gathering Duta Museum ini harapannya dapat kembali merekatkan silaturahmi antar-angkatan duta museum pada umumnya dan yang terpenting yaitu kembali mempromosikan museum-museum yang ada di DIY”.

Dalam laporan kegiatannya, Kepala Seksi Permuseuman Disbud DIY, Ibu Wismarini SE.,M.Hum mengemukakan bahwa “Generasi muda pada saat ini sering kali menghabiskan waktu luangnya dengan jalan-jalan, nongkrong di cafe, bermain game, dsb. Masuknya era globalisasi secara perlahan mengikis dan menghilangkan  kebiasaan kita yang sudah lama ada. 

Oleh karena itu para anak muda pada saat ini sangat sedikit sekali yang tertarik pergi ke museum untuk mempelajari dan mengetahui  sejarah, padahal museum merupakan tempat yang memiliki sangat banyak nilai-nilai sejarah di dalamnya. Faktanya, sangat jarang orang yang menjadikan museum sebagai destinasi wisata mereka. Tetapi di negara-negara lain, museum merupakan tempat yang sangat sering dikunjungi karena nilai-nilai  sejarahnya. Sehingga kegiatan ini sangat cocok untuk menggalang masa untukmencintai museum”.

Dalam rangkaian kegiatan Welcome Back To Museum, pada hari kedua di hari Minggu 20 November 2022 yaitu diadakan Gathering dan Sharing Session Antar-Angkatan Duta Museum DIY dengan tempat yang sama yaitu di Museum Sonobudoyo. Dalam kegiatan hari kedua ini menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. Ayu Helena Cornellia (DUMUS 2014) dan Ria Putri Palupijati, M.Pd (DUMUS 2017). Narasumber ini sengaja dihadirkan dari para alumni Duta Museum, sehingga kegiatan sharing session dapat berjalan lebih kondusif.
Hal yang diangkat dalam kegiatan sharing session ini yaitu diantaranya mengenai ; flashback pemiliha Duta Museum angkatanmasing-masing, aktifitas masing-masing saat ini, pandangan terhadap peran IDM di permuseuman serta hal yang dapat dilakukan saat ini untuk pemajuan museum. 

Setelah sesi pemaparan materi, dibuka sesi diskusi. Dalam sesi diskusi ini diberikan kesempatan kepada seluruh angkatan untuk saling sharing terkait program maupun tips dan trik dalam promosi masing-masing museum di DIY yang harapannya dapat menjadi tujuan yang menarik bagi semua kalangan.  

Kepala Museum Sonobudoyo,Setyawan Sahli S.E ., M.M menambahkan, “Dengan adanya acara Gathering dan Sharing Session ini diharapkan semoga dapat meningkatkan kepedulian masyarakat untuk lebih menghargai sejarah yang kita miliki, serta menumbuhkan nilai-nilai akan sejarah di masyarakat dan menambah jumlah kunjungan ke museum-musuem yang ada di DIY”. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment