News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Jogja, Ratusan Programmer Dunia Ikuti UN Big Data Hackathon

Di Jogja, Ratusan Programmer Dunia Ikuti UN Big Data Hackathon



WARTAJOGJA.ID : Sebanyak 350 tim programmer dari berbagai negara dunia mengikuti kompetisi UN Big Data Hackathon di Alana Convention Center Yogyakarta, Selasa (8/11/2022).

Para programmer ditantang menyelesaikan tantagan mengurai persoalan perubahan iklim selama dua hari.

Divisi Statsistik United Nation, Markie Muryawan mengatakan kompetisi Hackathon kali ini diikuti berbagai tim dari Indonesia maupun beberapa negara seperti Jerman, Filipina dan Thailand. Hackathon menjadi peluang bagi anak-anak muda untuk mengolah data menjawab tantangan global

“Saat ini kita tahu banyak pemanasan global, Covid, atau kenaikan harga pangan dan energi. Tema kali ini kita beri tantangan perubahan iklim. Bagaimana kita menggunakan data mengurangu impact perubahan iklim,” ungkapnya usai pembukaan kompetisi.

50 tim peserta kali ini merupakan ekspert yang memang diminta mengurai persoalan dunia. 300 lainnya adalah anak-anak muda terdiri dari pelajar dan mahasiswa yang memungkinkan pula untuk menjadi penjawab atas problem dunia.

Beberapa persoalan mencoba dirilis dalam kompetisi ini seperti identifikasi keberadaan ikan di lautan agar tidak over eksploitasi. Big data menurut dia menjadi hal penting untuk dimaksimalkan dalam menjawab persoalan dunia saat ini dan ke depan.

“Kita tidak mau menjawab persoalan tanpa data. Ini yang kita inginkan dari tim-tim peserta, bagaimana data dimanfaatkan untuk mengurai permasalahan dunia,” pungkasnya (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment