News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Piala Raja Sprint Rally Putaran Ketiga Digelar

Piala Raja Sprint Rally Putaran Ketiga Digelar


Pebalap Gusti Lantika Marrel yang turut dalam event Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 yang dipusatkan di Sirkuit Donokerto Turi Sleman Yogyakarta Sabtu-Minggu, 15-16 Oktober 2022.

WARTAJOGJA.ID  : Sedikitnya 70 team sprint rally dari berbagai kota Indonesia turut dalam perhelatan bertajuk Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 yang dipusatkan di Sirkuit Donokerto Turi Sleman Yogyakarta Sabtu-Minggu, 15-16 Oktober 2022.

Sirkuit seluas dua hektar yang memanfaatkan tanah kas desa itu berada tak jauh dari lereng Gunung Merapi yang sebelumnya tak termanfaatkan.

Kompetisi club event yang baru digelar pertama tahun ini tersebut, pada Oktober ini sudah memasuki putaran ketiga sejak mulai digelar Mei dan Agustus 2022 dengan hadiah tiap putaran totalnya Rp 30 juta.

Kompetisi lokal ini ditargetkan secara bertahap bisa segera bermetamorfosis menjadi sport tourism bertaraf nasional dan menggeliatkan perekonomian warga lokal seputaran lereng Merapi.

"Event ini sebagai upaya untuk memicu unit-unit usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari warga di lereng Gunung Merapi bisa recovery lagi setelah pandemi Covid-19," kata penyelenggara event sekaligus Ketua Tim Balap Gumregah Jogja Motorsports, Gusti Lantika Marrel Sabtu 15 Oktober 2022.

Marrel yang juga cucu Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X itu menuturkan, sejak event itu digelar, persiapannya melibatkan warga setempat. Salah satunya melatih warga setempat menjadi petugas sirkuit atau marshal, orang pertama yang aka memberikan pertolongan pada pembalap yang terjatuh atau mengalami masalah pada kendaraannya.

"Warga setempat pelan pelan juga dilatih bagaimana mempersiapkan aspek akomodasi bagi peserta, membuat list guesthouse mana saja yang bisa menjadi tempat menginap peserta, menata stand UMKM, serta menyajikan kuliner dan cinderamata yang menarik ditawarkan," kata dia.

"Jadi para peserta event yang berasal dari berbagai daerah itu dapat mendapatkan pelayanan seperti halnya wisatawan," Marrel menambahkan.

Untuk mempromosikan event perdana ini agar lebih dikenal dan makin diminati peserta pada gelarab berikutnya, Marrel menuturkan pada acara itu turut disiarkan secara live stream.

"Mungkin ini kompetisi rally tingkat club pertama yang memakai live stream di Indonesia, harapan kami bisa semakin dikenal dan diikuti lebih banyak peserta," kata dia yang menyebut para peserta kali ini berasal dari daerah seperti Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat itu.

Adapun Ketua Panitia Pelaksana Piala Raja Sprint Rally Jogja Yuda Mahesa Sidharta mengatakan event ini memang untuk awalnya bukan ditargetkan langsung menjadi event nasional yang pesertanya nama nama pereli terkenal.

"Namun lebih untuk menghidupkan dulu ekosistem otomotif khususnya dunia sprint rally di Yogyakarta yang bisa bersinergi dengan sektor - sektor ekonomi kreatif lainnya seperti UMKM dan pariwisata," kata Yuda.

Dengan digelarnya event ini panitia pelaksana berharap berdampak positif pada berbagai sektor ekonomi khususnya masyarakat di Kapanewon Turi, Sleman terlebih di masa - masa bangkit dari pandemi covid-19 ini.

Ada 16 kelas sedeed dan non seeded akan diperlombakan di putaran - III ini, di mana point atau pencapaian nilai para peserta yang sudah terakumulasikan hingga putaran ini berhak untuk memperebutkan Piala Raja Sri Sultan Hamengkubuwono X. 
 
Meski terhitung event lokal, namun tetap ada deretan nama - nama sprinter rally ternama baik dari Yogyakarta, Jawa Timur, Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah itu. Misalnya seperti pereli senior Satya Sunarso. 

Kemeriahan Piala Raja Sprint Rally Jogja di putaran III ini ditambah dengan Lomba Mewarnai untuk anak-anak dengan menggandeng Kelompok Sadar Wisata Pesona Donokerto dengan Tema Rally Mobil. 

Hal ini dilakukan untuk mengajak masyarakat turut serta memeriahkan dan berpartisipasi serta memberikan kegiatan yang positif, menyenangkan sehingga membantu meningkatkan bakat, motorik serta kreativitas anak-anak. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment