News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rangkaian Seru Peringatan HUT ke-266 Kota Yogyakarta, Dimulai 1 Oktober

Rangkaian Seru Peringatan HUT ke-266 Kota Yogyakarta, Dimulai 1 Oktober




WARTAJOGJA.ID : Wisatawan yang merencanakan menyambangi Kota Yogyakarta bulan Oktober nanti, bakal disambut rentetan event peringatan hari jadi Kota Yogyakarta ke 266.

Pemerintah Kota Yogyakarta, mulai 1 hingga 9 Oktober, akan menggelar berbagai event dengan total 14 jenis acara yang bisa diikuti dan melibatkan berbagai elemen masyarakat. 

Kegiatan diawali dengan peluncuran logo HUT ke-266 Kota Jogja pada 1 Oktober di kawasan Kleringan atau timur Malioboro Yogyakarta yang dimeriahkan berbagai aksi kesenian.

Selanjutnya pada esok harinya, 2 Oktober digelar aksi bersepeda bersama bertajuk YoGowes untuk warga yang berminat dengan rute rute bersejarah dan ikonik di Kota Yogyakarta.

“Aksi karnaval dengan sepeda YoGowes ini akan melibatkan berbagai komunitas dengan peserta sekitar 2.500 orang, wisatawan bisa turut bergabung,” kata Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya Senin 26 September 2022.

Adapun pada 3- 6 Oktober, semarak karnaval para pelajar akan menghiasi jalan-jalan di Kota Yogya termasuk digelarnya seni budaya Sekar Rinonce. 

Perhelatan budaya bernuansa teaterikal fashion bertajuk Malioboro Seribu Kelir diprediksi menjadi tontonan menarik bagi wisatawan pada 4 Oktober. 

Tak cukup itu. Pameran berbagai produk unggulan bertajuk UMKM Sekati ing Mall pada 5-10 Oktober akan meramaikan sejumlah mall di Yogya seperti Galeria Mall, Malioboro Mall dan Lippo Mall. 

"Kami juga menggelar kegiatan Rumaket atau ruang masyarakat bertemu yang menampilkan pelaku seni budaya dan pentas musik pada 5 Oktober di Malioboro," kata Aman.

Menurut Aman, perayaan kali ini akan berbeda dengan sebelumnya karena ada juga momentum peluncuran Mall Pelayanan Publik pada 6 Oktober di Balai Kota Yogyakarta dan Gebyar Pameran Foto dan Keris di XT Square pada 6-9 Oktober 2022.

Adapun yang dipertahankan yakni puncak peringatan HUT ke-266 Kota Yogyakarta yang ikonik berupa perhelatan karnaval semalaman bertajuk Wayang Jogja Night Carnival di kawasan Tugu Yogyakarta pada 7 Oktober. 

Peringatan HUT ke-266 Jogja juga dimeriahkan dengan kegiatan Mandiri Fashion Day di Pasar Beringharjo pada 8 Oktober, lalu Malioboro Night Coffee di Jalan Jenderal Sudirman pada 8-9 Oktober. 

“Kegiatan Yogya Mandiri Fashion Day menampilkan fesyen show yang dilakukan oleh para komunitas pasar seperti pedagang, buruh gendong dan sebagainya,” kata dia.

Aman menuturkan wisatawan dan masyarakat diajak untuk berpartisipasi menyemarakan dan merasakan semangat HUT Kota Yogya 2022 yang mengusung tema Sulih Pulih Luwih itu.

“Perayaan ulang tahun Kota Yogyakarta adalah perayaan bagi seluruh masyarakat terutama yang berada di Kota Yogyakarta," kata dia.

Menurut Amana, perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta kali ini merupakan ulang tahun yang spesial karena berada di ruang transisi antara pandemi Covid-19 menuju situasi endemi. 

"Oleh sebab itu semangat yang kami bangun semangat untuk tekad bersama bangkit kembali menuju pada situasi normal dan kondusif seperti masa sebelum pandemi Covid-19," kata dia.

Adapun Asisten Administrasi Umum Pemkot Yogyakarta, Kris Sarjono Sutejo mengatakan tema Sulih Pulih Luwih menggambarkan kondisi Kota Yogyakarta yang saat ini yang berhasil melewati pandemi dengan fase lebih baik. 

Tema itu diambil dari bahasa Jawa, sulih berati berganti, pulih berarti sembuh dan luwih artinya lebih. 

"Makna tema itu Kota Yogyakarta sebagai kota pelajar dan budaya, bisa memulihkan diri sendiri, tapi tetap juga bisa produktif dan mendapatkan sesuatu yang lebih," kata dia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment