News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mobilitas Longgar, Pelaku Kreatif Garap Lagi Konsep Yogya Destinasi Wedding

Mobilitas Longgar, Pelaku Kreatif Garap Lagi Konsep Yogya Destinasi Wedding



WARTAJOGJA.ID : Longgarnya mobilitas dan peningkatan kunjungan wisata sejak pertengahan tahun 2022 ini membuat kalangan pelaku industri kreatif wedding atau pernikahan di Yogyakarta kembali tampil dan melakukan berbagai upaya kembali pulih.

Para pelaku industri kreatif pernikahan saat pandemi Covid-19 dua tahun terakhir, menjadi satu kelompok paling terdampak karena hampir seluruh jadwal pernikahan di Yogyakarta tiba tiba diundur bahkan dibatalkan. 

Pernikahan saat pandemi Covid-19 memuncak paling banter dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) dan rumah ibadah saat itu, tak ada pre wedding maupun resepsi.

Padahal pelaku industri kreatif bidang pernikahan sendiri cukup banyak jenisnya. Mulai bidang jasa fotografi-video sebagai dokumentasi, rias pengantin, layanan boga, persewaan kostum, sampai wedding organizer.

"Syukurlah tahun ini kondisi mulai membaik, permintaan layanan jasa pernikahan mulai tumbuh lagi meskipun masih 50-75 persen dibanding sebelum pandemi," kata Kirana Yulianto, pendiri Kencana Photo dan Videography, salah satu pelopor layanan studio foto di Yogyakarta Senin 19 September 2022.

Kirana menuturkan, kelonggaran mobilitas saat ini, menjadi momentum pelaku industri wedding mencari pasar baru lagi. Terlebih kunjungan wisata di Yogyakarta telah nyaris pulih sepenuhnya.

Satu cara yang dilakukan, dengan melibatkan kalangan pelaku industri kreatif bidang pernikahan berkolaborasi menyediakan paket-paket pernikahan yang bisa menarik masyarakat baik dari dan luar Yogyakarta.

Misalnya, mulai 20 - 30 September 2022 ini, sejumlah vendor pernikahan di Yogyakarta menggelar pameran mini yang mengusung konsep one stop shopping untuk memberikan kesempatan mereka yang akan menikah berdiskusi dan menyiapkan pernikahannnya lewat layanan satu atap.

Pameran bertajuk Inhouse Mini Expo itu dipusatkan di Kencana Photo & Videography Jalan Pangeran Diponegoro No.106 Cokrodiningratan, atau sekitar 500 meteran saja di barat Tugu Yogyakarta. 

Pameran ini mengusung konsep table top. Sehingga calon pengantin dalam satu momen konsultasi pernikahannya bisa langsung berdiskusi soal konsep tata ruang untuk dekorasinya, kebutuan kue pengantin dan layanan boga, riasan atau make up pengantin, hingga gaun dan dokumentasi foto dan videonya.

"Jadi calon pengantin bisa menghemat waktu, praktis, karena dalam pameran ini semua kebutuhan pernikahannya bisa dikonsultasikan langsung dengan vendor terkait," kata Kirana.

Dalam pameran ini, terlibat sejumlah vendor wedding terkemuka asal Yogya seperti Gurat Ungu - Wedding Organizer & Decoration, Miss Bake Bakery - Kue Pengantin, Eva Laurina - Make Up Artist, Verau Atelier- Gaun Pengantin dan Lina Gunawan - Make up and Bridal.

Kirana menuturkan, konsep one stop shopping pernikahan itu, mengadopsi perubahan kebiasaan masyarakat selama pandemi Covid-19 yant berdampak pada penyesuaian perayaan yang lebih intimate. Yakni konsep modern yang simpel dan praktis dengan tetap mengedepankan kualitas. 

Meski kondisi perekonomian masyarakat belum sepenuhnya pulih, lanjut Kirana, para vendor tetap berusaha memahami keinginan masyarakat untuk menggelar pernikahan. 

Sebab momentum tersebut hanya terjadi sekali seumur hidup sehingga dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

"Pandemi mengajarkan kami banyak hal untuk kembali menggerakkan industri wedding. Di pameran ini masyarakat bisa mendapatkan pilihan dengan biaya yang fleksibel," ujarnya.

Sugiyarto dari Gurat Ungu menambahkan kolaborasi bersama dengan vendor-vendor wedding tersebut diharapkan bisa semakin membangkitkan kembali destinasi wisata pernikahan di DIY. 

"Sebelum pandemi, banyak masyarakat dari luar ingin menggelar pernikahan di Yogya yang cukup lengkap baik destinasi maupun layanannya, ini yang coba kami bangkitkan lagi," kata dia.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment