News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dukungan Untuk Polri Berbenah, Pasca Kasus Fs

Dukungan Untuk Polri Berbenah, Pasca Kasus Fs


Ketua Sekber Keistimewaan DIY, Widihasto Wasana Putra 

WARTAJOGJA.ID : Kasus yang menjerat Ferdy Sambo (FS) menjadi catatan untuk institusi penegak hukum. Bukan hanya kepolisian, namun juga TNI, kejaksaan, pengadilan, dan pemerintah pusat hingga daerah. 

"Sebagai aparat yang itu harus tunduk pada supremasi hukum. Dan jangan dilupakan bahwa dasar dari supremasi hukum itu adalah hukum tertinggi adalah keselamatan rakyat," kata Ketua Sekber Keistimewaan DIY, Widihasto Wasana Putra di Yogyakarta, Rabu (21/9/22)

Ia mengatakan rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi semestinya menjadi pertimbangan pada setiap tindakan yang aparat jalankan. Pasalnya, apapun kerja yang dijalankan aparat hingga pemerintah demi kepentingan masyarakat. 

"Di situlah sebenarnya konsep dari yang namanya republik. Republik yang artinya sebesar-besarnya untuk kepentigan rakyat," ujarnya. 

Menurut dia, aparat saat ini dalam posisi tak mudah untuk mengembalikan kepercayaan publik buntut dari kasus FS yang membuat nama baik institusi tersebut telah tercemar. Di sisi lain, negara tetaplah membutuhkan aparat penegak hukum. 

"Oleh sebab itu secara internal teman-teman aparat penegak hukum, khususnya di jajaran kepolisian itu harus menunjukkan performa yang lebih baik lagi ke depan untuk mengembalikan lagi rasa percaya publik terhadap institusi," ujarnya. 

Ia mengatakan yang bisa parat penegak hukum lakukan saat ini tetap bersikap profesional, menjaga integritas, dan menjaga segala sesuatu yang dikerjakan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Profesionalitas, kata dia, tetap bisa kunci yang harus dijalankan. 

"Jangan lagi ada pameo yang mengatakan, apabila kita melapor kepada polisi kehilangan kambing justru akan kehilangan sapi. Nah ini kan anekdot-anekdot bahwa ketika orang berperkara itu selalu identik dengan biaya yang harus dikeluarkan," ucapnya. 

Ia meyakini hal itu tetap bukan hal mudah untuk dilakukan. Meski demikian, kepolisian harus menempuh jalan untuk tidak semakin memperburuk citra institusi yang sudah terjatuh. 

"Ini tantangan bagi teman-teman kepolisian untuk bagaimana betul-betul bisa melayani masyarakat dengan baik dan tidak lagi ada hal-hal yang itu justru semakin memperburuk citra institusi," ungkapnya. (Dam/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment