News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tak Banyak yang Tahu! Ternyata Sabun Cuci Piring Bisa Digunakan untuk Hal Ini

Tak Banyak yang Tahu! Ternyata Sabun Cuci Piring Bisa Digunakan untuk Hal Ini







WARTAJOGJA.ID : Keberadaan sabun cuci piring akan selalu ada dan dibutuhkan di setiap rumah. Benda ini juga sangat mudah ditemui, mulai dari mall besar, warung dekat rumah, ataupun e-commerce. Saat ini, merek sabun cuci piring juga sangat banyak, menyebabkan persaingan bisnis semakin kuat antar produsen sabun cuci piring, sehingga mereka akan menghadirkan sabun cuci piring terbaik dengan segala keunggulannya. 

Sesuai dengan namanya, sabun cuci piring biasa dipakai untuk membersihkan piring kotor. Dengan formulasinya, benda cair ini bisa mengangkat segala jenis kotoran yang menempel di piring, gelas, hingga alat masak Anda. Namun, tahukah kamu jika ternyata ada banyak hal yang bisa diatasi hanya dengan sabun cuci piring?

 

1.      Membersihkan Noda Minyak di Baju

Saat Anda masak, tak bisa dielak jika baju kotor karena percikan minyak atau bumbu dapur. Noda minyak yang menempel di baju sangat sulit untuk dibersihkan.  Terutama jika Anda masak masakan Indonesia, seperti ayam bumbu kuning atau rendang, noda yang mengenai baju akan sulit untuk dihilangkan, meskipun sudah dicuci.

Secara mengejutkan, ketika Anda menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan noda minyak membandel di baju akan lebih mudah hilang dibandingkan hanya mencuci dengan detergen biasa. Cukup oleskan sedikit sabun cuci piring di noda tersebut dan gosok perlahan.

2.      Membersihkan Peralatan dari Stainless Steel

Banyak peralatan masak yang kini menggunakan stainless steel karena dinilai lebih tahan dari karat. Sementara itu, beberapa benda-benda di rumah yang lainnya pun juga banyak ditemui berbahan stainless steel. Anda bisa gunakan sabun cuci piring untuk membersihkan benda-benda stainless steel di rumah, meskipun bukan alat masak dan makan.

Letakkan beberapa tetes sabun cuci piring di lap basah dan usap ke benda yang ingin kamu bersihkan tersebut. Kemudian, gunakan kain basah lainnya untuk menghilangkan busa dan keringkan.

3.      Bersihkan Kerak di Oven

Oven yang sudah lama digunakan akan meninggalkan kerak. Noda tersebut menjadi sulit untuk dibersihkan dan membuat tampilan oven jadi kurang menarik, terlihat kotor. Kamu bisa hilangkan kerak tersebut dengan membuat campuran ajaib dari sabun cuci piring.

Gunakan soda kue, air, dan beberapa tetes sabun cuci air hingga terbentuk seperti pasta. Dan kemudian letakkan campuran tersebut di kerak yang ada pada oven Anda. Setelah itu, semprot dengan air yang dicampur cuka dengan perbandingan 1:1, tunggu beberapa jam dan gosok perlahan maka kerak akan hilang. Oven Anda terlihat seperti baru lagi.

4.      Menghilangkan Bekas Sticker

Menempelkan sticker di beberapa benda memang membuat lebih menarik dan keren. Beberapa orang bahkan menempelkan sticker favorit mereka di laptop. Namun, ada saatnya Anda merasa bosan dengan tampilan sticker dan ingin membersihkannya. Pastinya, sticker yang dilepaskan akan meninggalkan bekas, membuat laptop atau benda lain tersebut jadi terlihat sangat buruk.

Ternyata ada cara mudah dan murah untuk membersihkan bekas sticker yang lengket dan terlihat kotor tersebut. Oleskan sedikit sabun cuci piring di atas bekas sticker tersebut dan kemudian bilas dengan kain yang sudah dibasahi.

5.      Membersihkan Kaca Jendela

Anda bisa membuat campuran yang murah untuk pembersih kaca jendela, yairu 2 gelas air, ½ gelas cuka putih, dan 3 tetes sabun cuci piring. Masukkan ke botol semprot dan gunakan untuk membersihkan kaca jendela rumah Anda.

Resep campuran ini juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan kaca jendela di luar ruangan. Anda bisa lipat gandakan resep tersebut dan gunakan spons untuk membantu mengusapkan ke kaca. Terakhir bilas dan Anda akan mendapatkan jendela yang bening lagi.

6.      Membersihkan Bath Up dan Shower

Karena selalu terkena air, Anda akan melihat bercak bekas air di bath up dan shower. Jika dibersihkan dengan air saja, bercak tersebut bisa muncul kembali. Anda bisa membuat benda-benda di kamar mandi yang sudah terlihat usang karena bercak putih bekas air menjadi terlihat baru lagi dengan sabun cuci piring saja.

Buat campuran air, cuka putih, dan sabun cuci piring dan masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan ke peralatan yang ingin dibersihkan. Selanjutnya, seka dengan kain yang setengah basah dan Anda akan melihat benda tersebut terlihat seperti baru.

7.      Membersihkan Saluran Air yang Tersumbat

Mungkin, saluran air yang tersumbat dengan benda besar akan mudah untuk diatasi. Namun bagaimana jika tersumbat dengan benda yang membandel lengket atau berkerak? Sabun cuci piring ternyata sangat bisa di andalkan untuk masalah ini.

Tuangkan 1/4 sampai 1/2 cangkir sabun cuci piring ke toilet atau saluran air lain yang tersumbat dan biarkan selama 15 menit. Lalu siram dengan air panas namun jangan pakai air mendidih.

 

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sabun cuci piring. Anda bisa beli sabun cuci piring yang bisa membantu mengatasi segala masalah di rumah lewat e-commerce Blibli. Ada banyak merek dan variasi sabun cuci piring di Blibli. Yuk, beli sabun cuci piring dan kebutuhan lainnya hanya di Blibli dan dapatkan banyak keuntungannya!

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment