News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Genjot Perekrutan Talenta Digital Kota Pelajar, EdTech Cakap Resmikan Innovation Hub Yogyakarta

Genjot Perekrutan Talenta Digital Kota Pelajar, EdTech Cakap Resmikan Innovation Hub Yogyakarta


EdTech Cakap Resmikan Innovation Hub Yogyakarta

WARTAJOGJA.ID: EdTech Cakap meresmikan kantor cabangnya di luar Jakarta, atau yang lebih dikenal sebagai Cakap Innovation Hub yang berlokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Banyak pula lulusan dari kampus Yogyakarta yang telah mengukir prestasi pada startup digital dari berbagai industri, kerap pula startup digital menggaet lulusan baru maupun berpengalaman yang merupakan lulusan dari kampus di Yogyakarta.

 Terutama untuk bidang pekerjaan yang berbasis teknologi seperti backend-frontend developer, quality assurance, hingga wordpress dan android developer.

Tidak hanya itu pekerjaan di bidang pendidikan terutama pengajar, baik guru bahasa maupun ahli bidang tertentu, banyak disokong oleh lulusan kampus di Yogyakarta. Pada tahun 2022, Dikti mencatat terdapat 387 ribuan mahasiswa di Yogyakarta, serta sedikitnya terdapat 15 program studi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan terakreditasi A dan B. 

Menyadari akan tingginya talenta digital di Jogja ini, maka Cakap mewadahinya dengan membangun sebuah pusat inovasi.
Yohan Limerta, CTO sekaligus Co-founder Cakap menyebut peresmian Innovation Hub ini sebagai komitmen Cakap dalam mewadahi talenta digital yang banyak terdapat di kota pelajar.

 ”Jogja sudah seperti rumah kedua, karena menjadi tempat para developer kami dalam mengembangkan produk sejak Cakap berdiri di tahun 2019. Kota pelajar ini juga merupakan salah satu pusat talenta berkualitas di berbagai bidang, salah satunya talenta digital yang sangat potensial dari berbagai perguruan tinggi ternama,” ujar Yohan. Kedepannya Cakap akan terus berekspansi sebagai salah satu langkah merekrut talenta digital terbaik bangsa.

Berdasarkan data internal Cakap, sejumlah karyawan tercatat sebagai alumni perguruan terkemuka di Jogja. Seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, hingga Universitas Amikom Yogyakarta. Secara latar belakang pengalaman kerja, karyawan tersebut merupakan kombinasi dari lulusan baru atau fresh graduates, maupun profesional dengan pengalaman kerja lebih dari tiga tahun.

Keberadaan Innovation Hub Jogja, turut disambut positif oleh kalangan akademisi. Gia Rizky, mewakili Bidang Kerjasama dan Hubungan Internasional Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), mengungkapkan bahwa kehadiran Cakap Innovation Hub yang sangat dekat dengan kampus-kampus di Jogja sangat sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Keberadan Innovation Hub seperti ini sangat membantu dunia pendidikan, khususnya untuk persiapan tenaga kerja dalam bentuk soft skill, hard skill, dan pembekalan calon tenaga kerja untuk mempersiapkan diri secara maksimal.” Pihak UTY juga menambahkan sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan Cakap dalam hal pemagangan, penyaluran lulusan, hingga pemberian materi untuk kegiatan seminar atau workshop.
Sebagian besar karyawan Cakap Innovation Hub Yogyakarta mengerjakan fungsi di bagian teknologi informasi (IT) hingga yang berhubungan dengan kurikulum dan mengajar. Cakap Innovation Hub ini merupakan cabang dari EdTech Cakap yang akan berfokus untuk menjadi pusat inovasi yang akan melahirkan lebih banyak solusi bagi anak bangsa. Fungsi ini akan sejalan bersama dengan kantor pusat Cakap, yang bertempat di Jakarta dengan fokus dalam pengembangan bisnis dan operasional.
Tujuan Innovation Hub ini untuk menjadi pusat pengembangan inovasi baru di bidang pendidikan dan teknologi. Kami ingin mengundang para inovator yang memiliki ketertarikan di bidang pendidikan untuk bergabung menjadi bagian dari Cakap, dalam memajukan industri edukasi melalui teknologi. “Kami berharap dengan diresmikannya Cakap Innovation Hub, penyerapan talenta digital di Yogyakarta dapat lebih cepat dan efektif, serta dapat menjadi tempat untuk menyalurkan segala aspek terbaik yang mereka miliki. Sesuai visi kami yakni menjadi platform upskilling dan pengayaan karir terdepan, hal ini kami mulai dari internal sumber daya kami yang kami rekrut dan tempatkan secara tepat,” tutup Tomy. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment