News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Foto Foto dan Cerita Meriahnya Festival Prawirotaman di Kota Yogya

Foto Foto dan Cerita Meriahnya Festival Prawirotaman di Kota Yogya


Aksi prajurit kirab budaya di Festival Prawirotaman Sabtu (27/8) (dok.ist)

WARTAJOGJA.ID – Festival Prawirotaman kembali digelar pada Sabtu (27/8) yang dimeriahkan dengan kirab budaya, pertunjukan tari, musik orchestra, dan fashion show on the street, di sepanjang Jalan Prawirotaman I dan II sejak sore hingga malam hari.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko menyampaikan, pelaksanaan Festival Prawirotaman tahun 2022 bertepatan dengan puncak kunjungan wisatawan mancanegara yang biasanya terjadi pada bulan Juli hingga September. 

“Festival Prawirotaman ini merupakan acara rutin tahunan, di mana kali ini adalah yang ke-10. Dengan tema Manunggal Mendunia, yang dimaknai dengan menyatukan dan bersinergi dengan seluruh elemen, agar dapat memberikan kekuatan tambahan supaya Prawirotaman dan Kota Yogyakarta semakin mendunia dikenal oleh wisatawan mancanegara,” ujarnya.


Aksi kirab budaya di Festival Prawirotaman menampilkan pula sosok Hanoman Sabtu (27/8) (dok.ist)

Wahyu Hendratmoko juga mengatakan, Festival Prawirotaman disajikan dengan berbagai macam atraksi seni dan budaya dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada di kawasan Kampung Prawirotaman. Mulai dari kirab budaya yang diikuti Pasukan Kuda Tunggang, Tari Edan-Edanan, Bregodo Wiratama, Gedrug, Andong, Kapi Terwelu, Perempuan Berkebaya, Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur dan Mahasiswa Sumatera Barat, hingga pertunjukan musik Hellena, Margasatwa, Singgih Sanjaya Orchestra dan fashion show on the street karya Lia Mustafa.

“Pada Festival Prawirotaman ke-10 ini kami menampilkan seluruh potensi seni budaya dan ekonomi kreatif masyarakat yang berada di Kampung Prawirotaman dan sekitarnya yang mendukung industri pariwisata. Harapannya kegiatan ini bisa menghibur dan menginspirasi serta berdampak positif bagi sektor pariwisata Kota Yogyakarta,” tambahnya.


Peragaan busana daerah mewarnai Festival Prawirotaman Sabtu (27/8). (dok.ist)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya dalam sambutannya mengungkapkan, Festival Prawirotaman ke-10 merupakan salah satu bukti nyata perjalanan panjang dari semangat masyarakat Kampung Prawirotaman untuk memajukan pariwisata Kota Yogyakarta.

“Ini adalah bukti bahwa hadirnya Festival Prawirotaman tidak lepas dari semangat masyarakat dalam memberikan kontribusi yang besar pada Pariwisata Kota Yogya. Di mana Kampung Prawirotaman ini menjadi satu magnet daya tarik kawasan wisata yang masyarakatnya juga bersemangat untuk menguatkan nilai serta citra Prawirotaman,” ungkapnya.

Aman Yuriadijaya juga mengatakan, dengan adanya Festival Prawirotaman sebagai event reguler maka akan semakin mendorong kekuatan pariwisata Kota Yogya, yang harapannya akan menjadi langkah strategis dalam mendongkrang pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.


Peragaan busana daerah mewarnai Festival Prawirotaman Sabtu (27/8). dok.ist

“Kami harap Festival Prawirotaman menjadi sesuatu yang akan terus berlangsung. Apresiasi yang sangat tinggi dengan adanya fetival ini yang juga melibatkan partisipasi berbagai elemen untuk satu tujuan yang sama yaitu semakin memajukan Kota Yogyakarta,” tutupnya. (CAK/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment