News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Festival Prawirotaman 2022 Digelar di Puncak Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Festival Prawirotaman 2022 Digelar di Puncak Kunjungan Wisatawan Mancanegara



WARTAJOGJA.ID  - Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan Festival Prawirotaman 2022 dengan tema “Manunggal Mendunia”. 

Festival ini akan diselenggarakan di Jalan Prawirotaman I dan Jalan Prawirotaman II pada Sabtu (27/8) mulai pukul 14.00 hingga 21.45 WIB. Pembukaan akan dilakukan di Café Just Playon mulai pukul 14.00 hingga pukul 15.40 WIB, dilanjutkan dengan Kirab Budaya pada pukul 15.45-16.45 WIB yang akan berangkat dari Café Just Playon menuju Hotel Gallery Prawirotaman. Sedangkan, pentas musik dan penutupan akan berlangsung pada pukul 18.15-21.45 WIB.

“Festival Prawirotaman diselenggarakan pada bulan Agustus karena bulan ini merupakan puncak kunjungan wisatawan mancanegara. Biasanya mereka berkunjung ke Jogja pada bulan Juli, Agustus, September,” kata kepada Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko.

Akan ada berbagai macam pertunjukan yang ditampilkan dalam Festival tahun ini. Acara pada pukul 14.00-17.00 WIB akan diisi dengan penampilan musik dari Jasmine, laporan Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Pembukaan oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, bazar UMKM, dan kirab budaya. Sebanyak 10 kelompok yang akan memeriahkan Kirab Budaya adalah Pasukan Kuda Tunggang, Tari Edan-edanan, Bregodo Wirotomo, Gedrug, Andong, Kapi Terwelu, Perempuan Berkebaya, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur, dan Asrama Mahasiswa Sumatera Barat.

Sedangkan pada malam hari, Festival Prawirotaman akan diisi dengan fashion show on the street, sambutan dari Ketua DPRD Kota Yogyakarta, dan Tari Sintren. Selanjutnya, acara akan diisi dengan penampilan grup musik dari Hellena, Margasatwa, dan Singgih Sanjaya Orchestra.

“Pada saat Kirab Budaya, akan ada penutupan total Jalan Prawirotaman I mulai pukul 16.00-17.00 WIB. Terkait dengan acara Festival Prawirotaman pada malam hari, akan ada penutupan total Jalan Prawirotaman I pada pukul 18.00-22.00 WIB,” kata Wahyu.

Secara keseluruhan, Festival Prawirotaman 2022 akan dimeriahkan dengan berbagai macam atraksi, mulai dari Fashion on the Street, 3 tarian, Kirab Budaya yang diikuti oleh 10 kelompok, dan penampilan 4 grup musik. Tema yang diusung dalam Festival Prawirotaman tahun ini adalah “Manunggal Mendunia”. Manunggal dimaknai dengan menyatukan seluruh unsur di Prawirotaman. 

Sedangkan mendunia dimaknai sebagai sinergi yang dapat memberikan kekuatan tambahan supaya Prawirotaman semakin dikenal oleh wisatawan mancanegara. 

“Prawirotaman sudah lama dikenal sebagai kampung turis. Sinergi yang tercipta dari festival ini semoga dapat membangkitkan kembali popularitas Prawirotaman dan meningkatkan Pariwisata di Kota Yogyakarta,” tutur Wahyu. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment