News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Shopee dan Kemenparekraf Kembangkan UMKM melalui Apresiasi Kreasi Indonesia

Shopee dan Kemenparekraf Kembangkan UMKM melalui Apresiasi Kreasi Indonesia

Penyelenggaraan acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 

WARTAJOGJA.ID: Shopee mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dengan berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022. 

Shopee memberikan mentoring kepada peserta AKI 2022 yang mencakup pelatihan dasar seperti cara membuka toko online, hingga pelatihan lanjutan yang fokus pada pengembangan bisnis online melalui Bimbel Shopee. 

Peserta AKI 2022 juga menerima pelatihan pembuatan QRIS ShopeePay sebagai salah satu metode pembayaran merchant yang akan digunakan di pameran AKI di berbagai kota di Indonesia, termasuk Yogyakarta. Selain itu, Shopee juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada 20 peserta sebelum produk mereka tampil di pameran produk AKI 2022 masing-masing kota. Peserta AKI 2022 dari Yogyakarta merupakan hasil kurasi dari 6.351 UMKM pendaftar.

AKI 2022 merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf RI yang menyasar 16 kabupaten/kota di Indonesia. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya mengatakan, “30 juta UMKM pemerintah targetkan sudah memasuki pasar digital atau e-commerce hingga tahun 2023. AKI kami hadirkan sebagai program untuk mengembangkan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas digital di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Kami mengapresiasi inisiatif Shopee yang telah berkolaborasi bersama kami untuk mendukung tercapainya tujuan ini, dengan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM lokal agar mempercepat UMKM lokal memasuki platform digital. Kami berharap, diselenggarakannya kembali program AKI ini bisa turut mendukung UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas dan berdaya saing, khususnya di era transformasi digital saat ini.”

Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya menjelaskan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM. “Shopee ingin menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia, termasuk dalam proses digitalisasi mereka. 

Potensi besar dari pelaku UMKM mendorong kami untuk terus memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM, termasuk di Yogyakarta dan sekitarnya. Kerja sama kami dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal agar mereka dapat lebih memahami dan merasakan manfaat dari platform digital untuk mengembangkan bisnis secara optimal.”

Peserta AKI 2022 pun merasakan berbagai dampak positif dari pelatihan yang diberikan oleh Shopee dan ShopeePay, mulai dari peningkatan literasi platform digital hingga soft dan hard skills yang bermanfaat untuk pengembangan toko online mereka di Shopee. Selain menerima pelatihan, pegiat UMKM pun dapat memanfaatkan program pemasaran online “Shopee Pilih Lokal”, kanal khusus yang Shopee hadirkan untuk menyoroti produk lokal unggulan. Kanal ini dapat mendukung pemasaran produk pegiat UMKM lokal dan menjangkau konsumen yang lebih luas.

Kisah Lemonih.id kembangkan usaha bersama Shopee

Seperti yang dirasakan oleh Bryan Santoso, pemilik usaha minuman kesehatan Lemonih.id yang juga merupakan Penjual di Shopee. Menurutnya, pelatihan yang diselenggarakan oleh Shopee dan Kemenparekraf di rangkaian acara AKI 2022 Kota Yogyakarta telah memberikan perkembangan positif bagi usahanya. Sejak 2019, Bryan telah bergabung di Shopee. 

Bagi Bryan, fitur-fitur yang ada di e-commerce ini telah memudahkan Lemonih.id untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen akan produk Lemonih.id sebagai minuman sehat alami.

“Aplikasi Shopee itu user friendly untuk seller dan juga buyer. Promosi iklan yang dapat diukur serta testimoni organik dari buyer juga sangat membantu saya untuk mengembangkan usaha. Dari yang awalnya terjual 70 botol per bulan, setelah optimal di Shopee dan media sosial menjadi lebih dari 70 botol per hari,” ungkap Bryan.

Selain promosi iklan, Lemonih.id juga memanfaatkan berbagai program kampanye di Shopee seperti Gratis Ongkir Xtra, Cash Back Xtra, harga coret, dan Murah Lebay. “Program ini sangat berpengaruh pada traffic buyer saya, terbukti ramai kalau saya ikut program-program ini,” jelas Bryan. Dia berharap pelatihan dari Shopee dan AKI 2022 ini dapat semakin memperluas jangkauan konsumen sehingga ke depannya omzet yang didapat juga terus meningkat.

AKI merupakan program inisiasi Kemenparekraf yang telah dimulai sejak tahun 2021 untuk mendukung kampanye #BanggaBuatanIndonesia di berbagai sektor ekonomi termasuk ekonomi kreatif, serta mengapresiasi pencapaian UMKM dan meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap produk UMKM lokal di daerahnya. 

Tahun ini, rangkaian acara AKI 2022 terdiri dari penilaian calon peserta AKI 2022 oleh kurator profesional, temu sapa virtual peserta AKI 2022 terpilih dengan calon mentor dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kelas mentoring peserta AKI, pameran produk dan pertunjukan karya peserta AKI, serta festival nasional yang diikuti peserta terpilih dari tiap kota. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment