News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Nyaris Tak Lolos, Tim Mobil Bimasakti UGM Raih Juara Formula Student Netherlands 2022

Nyaris Tak Lolos, Tim Mobil Bimasakti UGM Raih Juara Formula Student Netherlands 2022



WARTAJOGJA.ID : Tim mobil formula Universitas Gadjah Mada (UGM) Bimasakti, berhasil meraih peringkat 1 kategori Business Plan Presentation dan Golden Fifghter Award dari kompetisi mobil balap Formula Student Netherlands (FSN) yang digelar di Sirkuit TT Assen, Belanda pada tanggal 9 hingga 14 Juli 2022.

Pada kompetisi tersebut tim Bimasakti UGM juga menduduki peringkat 6 Presentasi Desain Teknik, peringkat 11 Presentasi Analisis Biaya, dan peringkat 7 Kelas Keseluruhan Kendaraan Pembakaran.

Kapten Tim Bimasakti UGM, Aditya Maheranta menjelaskan perlombaan itu ternyata memiliki standar kompetisi dan inspeksi keamanan mobil yang lebih tinggi. Hal itu cukup menghambat kerja tim di hari-hari awal perlombaan.

"Sejumlah komponen dari mobil kami dinilai juri masih memerlukan perbaikan, bahkan juri sempat beranggapan mobil kami tidak memiliki peluang lolos inspeksi," kata Aditya dalam keterangan tertulisnya Rabu 20 Juli 2022.

Tak lekas menyerah, dalam ajang yang diikuti 44 tim perguruan tinggi 15 negara di dunia itu, tim Bimasakti tetap berusaha melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap mobil di lokasi perlombaan dengan peralatan dan jumlah anggota yg terbatas. 

"Sampai akhirnya kami dinyatakan lolos inspeksi dan berkesempatan untuk berlaga di kategori endurance,” kata Aditya yang tercatat sebagai mahasiswa Teknik Mesin UGM itu.

Kegigihan dan sikap pantang menyerah dari tim Bimasakti UGM ini diganjar dengan penghargaan khusus dari juri yaitu Golden Fighter Award.  

“Dewan Juri menilai sikap gigih dan pantang menyerah ini menjadi pengingat bagi tim tim formula student seluruh dunia untuk terus menembus tapal batas dan pantang menyerah dalam menghadapi semua kendala yang ada,” imbuh Adit.

Tim Bimasakti UGM sendiri dalam ajang itu menjadi satu-satunya tim non Eropa yang lolos inspeksi dengan hanya 9 mobil total di kelas Combustion yang dapat lolos inspeksi.

FSN merupakan kompetisi mobil balap yang berlaku bagi mahasiswa. Dalam kompetisi tersebut, tim ditantang untuk merancang dan mengembangkan formula balap mobil mulai dari sisi desain, teknis, hingga peluang bisnisnya.
 
Dosen pembimbing tim Bimasakti UGM, Fauzun mengatakan prestasi yang diraih merupakan hasil kerja keras dan pantang menyerah tim mulai dari tahap desain hingga tahap lomba. 

“Dalam keikutsertaan tim Bimasakti yang pertama kali di FSN 2022 ini bisa meraih beberapa penghargaan tentunya menjadi hal yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama UGM serta Indonesia di mata dunia,”paparnya. (Gad/Din)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment