News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hasil Otopsi Sementara dan Data Anatomi Hiu Tutul Mati Di Kulon Progo Terungkap

Hasil Otopsi Sementara dan Data Anatomi Hiu Tutul Mati Di Kulon Progo Terungkap


Hiu tutul mati di Pantai Kulon Progo

WARTAJOGJA.ID  : Balai Konservasi Sumber Daya Alam Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menemukan fakta menarik di balik  hiu tutul yang ditemukan mati terdampar di muara Sungai Bogowonto, Pantai Congot, Temon, Kulon Progo Rabu 27 Juli 2022.

"Hasil otopsi sementara saat tubuh hiu itu dibelah dan dicek organnya, hatinya sudah dalam kondisi hancur, sementara organ lain utuh," kata personil Polisi Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, Gunadi.

Predator dengan panjang total 8,7 meter itu awalnya sempat diduga mati akibat perburuan liar yang ditandai dari bekas luka tembak di bawah insang bagian kanan sebesar jari orang dewasa.

"Tapi ternyata luka tembak itu hanya bisa melukai permukaan tubuhnya, sedalam 2 cm saja dari tebal dagingnya yang 50 cm," kata Gunadi.

Adapun bekas luka tembak dengan alat semacam jangkar itu sama sekali tak menembus bagian organ dalam termasuk hati hiu tersebut.

"Itulah yang sedang kami telusuri, kenapa bagian hati hiu itu bisa hancur, kalau luka tembak itu dugaan kami bukan sebab utama kematiannya," kata Gunadi.

Gunadi memprediksi hiu itu sudah lebih dulu mati di lautan sebelum terseret arus dan akhirnya terdampar di Pantai Kulon Progo.

"Habitat asli hiu itu di lautan dalam, kurang lebih di kedalaman 100 meter, tak pernah terlihat di permukaan dari pesisir selatan ini," kata Gunadi yang belum bisa menyimpulkan kapan persisnya kematian hiu yang terdampar sejak Selasa petang 26 Juli itu.

Adapun dari data hiu tutul mati itu yang tercatat antara lain memilili panjang sirip pectoral /sirip dada 136 cm, sirip dorsal /sirip punggung 83 cm, sirip dorsal 2 /sirip punggung 2 37 cm, sirip pelvic/ sirip perut 43 cm, dan sirip anal / sirip dubur 45 cm.

Adapun panjang sirip caudal / sirip ekor 200 cm, lebar kepala 155 cm, lebar dada (antara sirip dorsal 1 dan 2) 220 cm, lebar mulut ikan 108 cm, panjang total.ikan 870 cm, lebar total ikan 440 cm, lingkar kepala 310 cm, dan berat ikan masih belum diketahui.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmoko mengatakan tim sempat kesulitan evakuasi hiu tutul yang ukurannya bongsor tersebut. Sehingga akhirnya diputuskan menggunakan alat berat dan puluhan relawan untuk membantu menguburkannya di area dekat penemuan bangkai hewan itu.

"Hiu itu ditemukan kemarin malam namun hari ini sudah berhasil dievakuasi dan dikuburkan dekat muara Pantai Congot," kata Aris. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment