News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sabar, Jalanan Yogya Bakal Terus Padat Sampai Akhir Pekan, Ini Hitungannya

Sabar, Jalanan Yogya Bakal Terus Padat Sampai Akhir Pekan, Ini Hitungannya


Kepadatan kawasan parkir Alun Alun Utara saat libur lebaran 2022.

WARTAJOGJA.ID : Kepadatan lalu lintas di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) libur lebaran dan cuti bersama diprediksi masih akan tinggi hingga akhir pekan ini di saat gelombang arus balik mulai terjadi di berbagai wilayah.

"Hingga saat ini, jumlah kendaraan yang masuk DI Yogyakarta secara harian masih lebih tinggi dibanding kendaraan yang keluar," kata Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Yogyakarta Arip Pramana Jumat 6 Mei 2022.

Misalnya, hasil pemantauan Dinas Perhubungan lima kabupaten/kota se-DIY, kata Arip, arus masuk kendaraan di DIY mengalami puncaknya pada Rabu 4 Mei yakni mencapai 107.085 unit. Sedangkan saat itu kendaraan keluar DIY sebanyak 88.431 unit. 

"Baru pada hari Kamis (5/5) jumlah kendaraan masuk turun menjadi 76.233 unit sedangkan jumlah kendaraan keluar 64.352 unit," kata dia.

Merujuk data Dinas Perhubungan DIY,  ada sebanyak 970.461 kendaraan bermotor roda empat dan roda dua memasuki wilayah DIY selama libur Lebaran 2022. 

Angka ini dihitung dari periode 25 April hingga 6 Mei. Dalam periode itu, kendaraan yang keluar DIY sebanyak 911.597 unit.

Arip mengatakan manajemen lalu lintas telah berupaya diterapkan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas pada ruas-ruas jalan strategis.

"Termasuk jalur-jalur menuju obyek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan," kata dia.

Kabupaten Sleman Yogyakarta berada di jalur strategis pada ruas jalan antar provinsi. Ini diyakini memberikan keleluasaan bagi pelaku perjalanan arus balik mudik untuk mampir berwisata di Sleman.

Pada wilayah Sleman barat, utara dan timur Dinas Perhubungan sudah menyiapkan penunjuk-penunjuk arah melalui jalan-jalan alternatif untuk mengurangi kepadatan ruas-ruas jalan utama. 

"Upaya ini untuk memberikan kenyamanan bagi para pelaku perjalanan jika ingin singgah ke obyek wisata di sekitar ruas jalan yang dilalui," ujarnya.

Di jalur-jalur wisata seperti Breksi-Candi Ijo-Obelix Hills daerah Sleman Timur, Watu Purbo- Kaliurang- Kaliadem daerah Sleman utara, Studio Alam Gamplong- Kampung Nglarang Godean (kuliner dan rafting/kano), Watu Jagal daerah Sleman barat, rata-rata padat lancar.

"Secara umum peningkatan kepadatan lalu lintas sekitar 30 sampai 60 persen dibandingkan hari biasa," kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman
Suparmono mengatakan angka kunjungan wisatawan masih terus meningkat sampai dengan hari Minggu 8 Mei. 

Prediksi tersebut didasari dengan masih banyaknya kendaraan luar daerah yang berada di DIY.

"Tingkat hunian hotel di Sleman rata-rata masih fully booked sampai Sabtu 7 Mei," kata Suparmono yang menyebut akhir pekan ini kenaikan kunjungan destinasi melonjak hingga 89 persen. (Fur/Gon)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment