News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Riset Positif, Dukungan Ganjar-Andika Perkasa di Pilpres 2024 Muncul di Jogja

Riset Positif, Dukungan Ganjar-Andika Perkasa di Pilpres 2024 Muncul di Jogja


Dukungan Ganjar-Andika Perkasa di Pilpres 2024 Muncul di Jogja

WARTAJOGJA.ID:  Dukungan untuk sejumlah tokoh agar maju dalam Pilpres 2024 terus bermunculan. 

Di Daerah Istimewa Yogyakarta kini muncul Relawan Ganjar-Perkasa yang mengusung pasangan Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa dalam Pilpres 2024.

Adapun deklarasi relawan itu digelar di Sleman, Jumat (20/5/2022) malam.

Ketua umum Relawan Ganjar-Perkasa, Wayan Darma Putra mengatakan dukungan ini muncul dari riset survei yang dilakukan selama 3 bulan di berbagai daerah. Dia mengatakan responden yang disurvei saat itu sekitar 350 orang.

"Relawan ini sebenarnya awalnya kita ini survei terus menghasilkan dua nama yang akhirnya itu menjadi yang terbesar yaitu Ganjar dan Andika Perkasa. Nah di situ juga kita dituntut bagaimana kalau kita ini membuat relawan sekalian," kata Wayan ditemui saat deklarasi dukungan sekaligus launching buku Ganjar Perkasa di Sleman, Jumat (20/5/2022).

Keputusan untuk menduetkan Ganjar dan Andika Perkasa ini, kata Wayan, berasal dari hasil survei yang dilakukan. Dimana pasangan Ganjar dan Andika Perkasa mendapat respon terbanyak dari masyarakat.

"Respon masyarakat bagus dari awalnya memberi beberapa nama capres dan cawapres. Di situ 80 persen capres memilih Ganjar dan tiba-tiba kita memasukkan nama Andika Perkasa bersama cawapres lain dan 60 persen memilih Andika Perkasa," jelasnya.

Wayan melanjutkan, duet Ganjar-Perkasa ini dinilai cocok untuk Indonesia saat ini. Apalagi dari hasil survei itu masyarakat butuh pemimpin yang tegas sehingga muncul duet sipil-militer ini.

"Nah sekarang saatnya sipil militer kenapa karena ini akibat dari COVID-19 banyak itu keputusan-keputusan yang diambil oleh pemerintah membuat masyarakat berubah dan lain-lain. Di situ mungkin 60 persen terbentuk karena butuh ketegasan," ucapnya.

Selain itu, dia menilai di dalam negeri hanya sosok Ganjar yang bisa meneruskan apa yang telah dilakukan oleh Jokowi. Sementara Andika perkasa memiliki daya tawar agar Indonesia bisa dipandang lebih kuat di luar negeri dengan kekuatan militernya.

"Makanya ini menurut kita yang paling bagus untuk jadi pasangan," sebutnya.

Wayan menegaskan gerakan yang dia bangun murni dari akar rumput. Ia memastikan tidak berafiliasi dengan partai politik manapun. Termasuk parpol yang saat ini menjadi tempat Ganjar bernaung, yakni PDIP.

"Jadi ini murni dari grassroot, enggak ada sama sekali hubungan politik apa segala, enggak ada. Biaya pun kita sendiri dan lain-lain," tegasnya.

Sementara hasil survai dan riset Indra Ismawan, dkk bahwa Ganjar-Perkasa bisa menjadi pasangan paling ideal.

Berdasarkan riset yang dilakukan sekitar tiga bulan, berdiskusi dengan berbagai lapisan masyarakat di beberapa daerah, juga mencermati pergerakan berita di berbagai media tentang calon terkuat Persiden-Wakil Presiden 2024-2029, bersama ini tim riset yang dikoordinasi oleh Indra Ismawan menemukan bahwa
masyarakat meminta pasangan presiden yang saling melengkapi, baik dalam penguasaan birokrasi, administrasi, dan kebijakan pemerintahan bersanding dengan penguasaan geo-politik dan keamanan.

"Masyarakat meminta gaya kepemimpinan Jokowi yang bersahaja, merakyat, adil, dan pekerja keras agar tetap diteruskan," kata Indra.

Lalu masyarakat meminta gaya kepemimpinan Jokowi tersebut  diperkuat dengan ketegasan serta ketaatan pada NKRI, seperti yang dicontohkan dalam dunia militer, agar dapat direalisasikan pada kepemimpinan presiden berikutnya (2024-2029)

Masyarakat meminta pasangan presiden yang dengan tegas menolak radikalisasi, ekstrimisasi, dan berbagai kecenderungan lain terkait politik identitas. 

Masyarakat merekam secara cermat jejak-jejak calon presiden yang bersih (tidak korupsi), yang tidak elitis, yang berkata-kata apa adanya, dan yang mudah berkomunikasi dengan rakyat kebanyakan.

Masyarakat secara eksplisit menyebut pasangan yang memenuhi kriteria tersebut adalah Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa. Artinya, jauih hari sebeljumnya yang harus didorong untuk disosialisasikan kepada masyarakat adalah pasangan presiden dan wakilnya, bukan hanya calon presiden. (Cak/Rls)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment