News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ketum Japto Soerjosoemarno Bakal Hadiri Muswil VII Pemuda Pancasila DIY

Ketum Japto Soerjosoemarno Bakal Hadiri Muswil VII Pemuda Pancasila DIY

Ketum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno

                                   

WARTAJOGJA.ID: Ketua Umum (Ketum) Pemuda Pancasila, Japto Soerjosoemarno dipastikan menghadiri langsung Musyawarah Wilayah (Muswil) VII yang dihela Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila DIY di Hotel Inna Garuda Malioboro Yogyakarta 21 Mei 2022.

“Dari pimpinan pusat Pemuda Pancasila, Pak Ketum Japto Soerjosoemarno akan hadir dalam Muswil VII nanti,” kata Ketua MPW PP DIY Faried Jayen Soepardjan di Ndalem Sambisari Sleman, Yogyakarta Senin (10/5/2022) petang.

Suami dari Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila DIY Yuni Astuti itu menjelaskan, agenda lima tahunan kali ini akan menjadi ajang untuk mengevaluasi penuh kinerja organsasi itu selama lima tahun terakhir sekaligus menyusun sejumlah agenda program kerja ke depan.

“Salah satu target agenda kerja lima tahun ke depan mengacu hasil Mubes X Pemuda Pancasila yang mentargetkan adanya penambahan anggota baru secara nasional sejumlah 10 juta orang selambat-lambatnya pada 2024,” kata Jayen.

Dari acuan target itu, MPW PP DIY, kata Jayen, sudah mempersiapkan sejumlah program konkrit untuk rekrutmen anggota baru di lima kabupaten/kota DIY.

“Pertama dengan menuntaskan kepengurusan secara definitif di tingkat ranting baik kalurahan atau desa, itu harus terbentuk 100 persen secara definitif,” kata Jayen.

Jumlah desa/kalurahan di DIY sendiri berkisar 400-an. Saat ini tingkat ranting PP DIY yang terbentuk sudah 50 persen. “Untuk anggota aktif di DIY saat ini ada 40 ribuan, jika semua pengurus ranting terbentuk, anggota aktif di DIY bisa bertambah menjadi 80 ribu orang,” kata dia.

Jayen menambahkan, momentum rekrutmen ini menjadi bagian target 2024 mengingat Indonesia pada saat itu memasuki tahun politik.

“Sebagai ormas, Pemuda Pancasila bukan ormas politik, tapi Pemuda Pancasila juga tidak buta politik, artinya jika ada kader internal yang potensial memutuskan terjun ke politik kami terbuka memberi dukungan,” kata dia.

Ketua Penyelenggara sekaligus Penanggung Jawab Muswil VII PP DIY, Yuni Astuti mengatakan, dengan tugas berat perekrutan anggota baru agar mendukung target nasional, tentu saja tak bisa asal-asalan dilakukan demi mendapatkan kader militan.

“Rekrutmen tetap dengan seleksi secara ketat,” kata Yuni.

Yuni menambahkan, sehari sebelum pelaksanaan muswil terlebih dahulu diselenggarakan agenda pramuswil.

Peserta terdiri dari pengurus MPW, MPC,  PAC, lembaga dan badan. Mengingat keterbatasan tempat, lanjut Yuni yang juga Ketua Perindo DIY itu, kuota peserta dibatasi, dihadiri oleh perwakilan masing-masing tingkat kepengurusan. Pramuswil antara lain diisi pembahasan materi tingkat komisi dan pemilihan ketua.

Adapun soal calon Ketua MPW Pemuda Pancasila, berdasar kriteria persyaratan salah satunya harus sudah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kaderisasi Kualifikasi Utama sehingga meraih Brevet Utama. Di DIY yang menyandang Brevet Utama itu saat ini masih Faried Jayen Soepardjan. Sehingga secara musyawarah dan mufakat Jayen akan kembali memimpin Pemuda Pancasila DIY lima tahun berikutnya.

“Kebetulan saat ini yang memenuhi syarat mejadi Ketua MPW itu di DIY baru saya, ini sekaligus menjadi PR kami untuk ke depan bisa mengirimkan lebih banyak peserta yang mengikuti pendidikan kader utama sebagai bagian regenerasi,” kata dia.

Dalam aturan yang dimiliki, tidak ada pembatasan masa jabatan Ketua Pemuda Pancasila. Selama yang bersangkutan masih mampu dan memperoleh dukungan dari bawah maka tak masalah dipilih kembali. Seperti sosok Japto Soerjosoemarno yang hingga kini masih dipercaya untuk menjabat Ketua Umum karena sosoknya masih dibutuhkan untuk pemersatu. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment