News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sultan HB X: Pariwisata Punya Tanggungjawab Hapus Kemiskinan

Sultan HB X: Pariwisata Punya Tanggungjawab Hapus Kemiskinan


Sultan HB X (istimewa)

WARTAJOGJA.ID : Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan sektor pariwisata Yogyakarta yang melesat, punya tanggung jawab besar mengatasi kemiskinan.

"Pariwisata mempunyai kewajiban untuk menghapus kemiskinan, mengakhiri kelaparan," kata Sultan saat berbicara dalam webinar Institusi Menuju Jogja Sebagai Tujuan Pariwisata Yang Bertanggung Jawab Selasa 12 April 2022.

Sebab, pariwisata Yogya, ujar Sultan, mengikat pergerakan hampir semua sektor ekonomi di Yogyakarta.  

Penurunan kinerja sektor pariwisata masa pandemi Covid-19 memberikan multiplier effect dan dampak signifikan pada sektor-sektor yang terhubung langsung seperti perhotelan, industri kuliner, transportasi, perdagangan, dan destinasi wisata. 

"Bersama UMKM, sektor-sektor ini yang berandil besar pada kontraksi ekonomi Yogya, mengingat  98% perekonomian memang ditopang dari pariwisata ini," kata Sultan.

Sektor pariwisata Yogya juga punya andil dalam peyelenggaraan kesehatan yang baik, kesejahteraan, pendidikan yang berkualitas, kesetaraan gender, serta akses air bersih dan sanitasi. 

"Selain itu, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi serta perbaikan pada infrastruktur, industri, dan inovasi,” ujar Sultan.

Maka ketika penurunan kinerja sektor pariwisata terjadi di masa pandemi Covid-19 dua tahun terakhir, dampaknya sangat dirasakan warga Yogyakarta. 

"Pemulihan ekonomi Yogya, dapat dikatakan berpijak pada salah satu engine of growth yaitu pariwisata," kata dia.

Sultan mengatakan, tahun 2022 ini, Yogyakarta musti berfokus bagaimana sektor wisata pulih sepenuhnya seperti sebelum pandemi.

"Gencarkan promosi wisata yang bersifat inklusif, berbasis brain awareness," kata Sultan.

Selain itu, ia mendorong implementasi aplikasi Peduli Lindungi dan sistem reservasi Visiting Jogja untuk dunia pariwisata. (Kar/Dio)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment