News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Keren, Sido Muncul Garap Iklan Bertema Wayang dan Sinden, Ini Bintangnya

Keren, Sido Muncul Garap Iklan Bertema Wayang dan Sinden, Ini Bintangnya


Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat bersama Elisha Ocarus Allasso (istimewa)


WARTAJOGJA.ID : Gerakan melestarikan tradisi nusantara terus digencarkan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk.

Guna mempopulerkan budaya Indonesia ini, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. pun mengangkat tema pewayangan dalam iklan terbaru produk Tolak Linu.

Seperti diketahui, Wayang memang kesenian yang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa asalnya dari Indonesia. Terutama usai UNESCO mendeklarasikan pertunjukan wayang sebagai salah satu warisan budaya tak benda dunia asal Indonesia pada 7 November 2003.

Dalam setiap pertunjukkan, wayang selalu menampilkan kemampuan sebagai tontonan, tatanan, dan tuntunan. Seni budaya yang berasal dari Jawa ini juga menampilkan pertunjukkan menggunakan media wayang yang dibawakan oleh dalang dan sinden.

Sayangnya, minat anak muda terhadap pertunjukkan wayang masih tergolong minim. Padahal, banyak pesan moral yang disampaikan lewat pertunjukan wayang.

Sudah semestinya pertunjukan wayang jadi salah satu jati diri bangsa. Jika tidak dilestarikan dari sekarang, wayang tentu akan dilupakan oleh generasi muda.

Lewat iklan tema wayang tersebut, Sido Muncul berharap dapat memperkenalkan wayang kulit melalui konsep yang lebih modern agar kesenian wayang dicintai anak muda. Dalam iklan terbaru Tolak Linu ini, Sido Muncul mengajak pesinden asal Yogyakarta, Elisha Ocarus Allasso.

Elisha merupakan sinden wayang kulit yang sudah berkiprah sejak tahun 2011. Ia konsisten memperkenalkan budaya wayang melalui setiap pertunjukkan. Menariknya, Elisha juga memperdalami karier dengan menempuh pendidikan Sarjana (S1) Pedalangan, Magister (S2) Psikologi, dan pendidikan Doktor (S3) Kajian Seni Masyarakat.

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, mengatakan, tema pewayangan dengan konsep lebih kekinian ini diharapkan bisa menyasar para khalayak khususnya milenial agar lebih tertarik dengan wayang.

“Jadi kami mengangkat tema ini supaya wayang kulit yang merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia ini bisa dikenal lebih luas, khususnya untuk anak muda. Memang penggemarnya itu tidak banyak, karena tidak dikemas dengan baik. Nah, saya waktu lihat dia [Elisha] di TV, saya lihat caranya tampil beda dan buat anak muda senang.Iklan ini akan digarap secara modern, tapi tetap memiliki unsur tradisionalnya,” kata Irwan saat menyaksikan proses pembuatan iklan Tolak Linu di Pamulang, Selasa (19/4).

Lebih lanjut Irwan mengungkapkan, Elisha adalah dalang dan sinden yang memiliki gaya khas sendiri dalam menampilkan pertunjukkan yang lebih kekinian.

“Pokoknya yang penting saya yakin anak-anak muda senang tapi tampilannya harus beda, mesti relevan dengan zamannya dong,” lanjut Irwan.

Dalam kesempatan yang sama, Elisha juga mengungkapkan ketertarikannya terlibat dalam proses promosi Tolak Linu. Ia mengungkapkan, dirinya menemukan kesamaan untuk mempopulerkan budaya wayang kepada generasi muda.

“Saya dan Sido Muncul memiliki frekuensi atau cara berpikir yang sama tentang mengangkat budaya. Jadi apa yang menjadi tradisi kita, budaya kita, bisa diangkat tetapi dikemas dengan cara berbeda. Saya punya mindset yang sama bahwa wayang ini bisa dikenali ke teman-teman muda dengan cara yang berbeda. Walaupun ini tetap sama dengan pertunjukan wayang yang klasik namun saya bisa menyampaikannya secara lebih entertaining gitu (ke anak muda),” ungkap Elisha.

Elisha juga berharap lewat iklan ini, ia bisa mengedukasi dan menimbulkan minat masyarakat terhadap seni budaya wayang. “Harapannya bisa mendekatkan sedikit demi sedikit dengan sesuatu yang aneh. itu sama kaya yang aku lakukan di atas panggung, aku mendekatkan teman-teman ke pertunjukan wayang. Nah, di sini juga dibantu dengan produk ini mungkin bisa dalam waktu 30 detik mereka akan lebih curious,” tuturnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment