News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yogya Gembleng Warga Bikin Startup Berbasis Kampung

Yogya Gembleng Warga Bikin Startup Berbasis Kampung


Wawali Yogya meninjau RW 5 Patangpuluhan Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta Sabtu (26/3)

WARTAJOGJA.ID : Hampir seluruh kampung di Kota Yogyakarta saat ini sudah terfasilitasi wifi publik.

Kota Yogyakarta bergerak lebih lanjut agar koneksi internet yang sudah merata itu menjadi kendaraan untuk mempromosikan potensi wisata di perkampungannya.  

"Balai-balai rukun warga (RW) mulai kami ubah agar bisa menjadi co-working space yang melibatkan pemuda," kata Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi Sabtu 26 Maret 2022.

Satu kampung rintisan yang Balai RW disulap menjadi co-working space itu ada di RW 5 Patangpuluhan Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta. Di balai RW yang kecil itu, tak kurang ada 11 unit komputer berderet berhadapan.

Para pemuda kampung itu, usia 14-20 tahun tengah asyik mengotak atik berbagai software untuk membuat berbagai aplikasi dan website kampung. Khususnya aplikasi yang memudahkan masyarakat mengetahui potensi wisata kampung itu mulai dari destinasi, budaya, hingga kuliner. 

Sehingga potensi kampung itu bisa seluruhnya dikemas dalam bentuk konten digital.

Heroe mengatakan saat ini di Kota Yogyakarta yang memiliki 14 kecamatan dan terbagi 45 kelurahan itu, sudah terdapat 638 titik wifi publik. 

"Upaya memperluas wifi publik ini selain masyarakat bisa mengakses internet dan meringankan beban biaya kuota, mereka juga bisa mengembangkan potensi masing-masing, sehingga impian menuju smart city tercapai," kata dia.

Heroe berharap, Yogya bisa sepenuhnya menjadi kampung digital yang mandiri, menyusul kampung siber Taman Sari yang pada 2014 silam viral dengan kemajuan teknologinya hingga disambangi pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.
 
"Tentu saja untuk mewujudkan kampung digital dan smart city ini kami tak bekerja sendiri, melainkan mengajak sejumlah pihak baik swasta dan utamanya pengurus kampung," kata dia.

Misalnya dalam penyediaan perangkat komputer dan peralatan, Pemkot Yogya menggandeng perusahaan asal Yogya GMedia.

Managing Director GMedia, Budiyanto mengatakan di Kampung Patangpuluhan itu pihaknya membuat program pemberdayaan bernama Bibit Unggul IT untuk para pemudanya.  

"Sudah selama tujuh bulan ini kami mendampingi para pemuda di kampung ini untuk mengasah skillnya, baik di bidang pembuatan aplikasi, website, maupun pemahaman jaringan," kata Budiyanto yang menurunkan lima mentor dalam pelatihan para pemuda kampung itu.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment