News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pertama Di Indonesia, UMY Akan Gelar Kegiatan Bersepeda Dengan Nuansa Akademis

Pertama Di Indonesia, UMY Akan Gelar Kegiatan Bersepeda Dengan Nuansa Akademis



WARTAJOGJA.ID :Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk pertama kalinya akan melaksanakan kegiatan olahraga bersepeda yang bernuansa akademis. Kegiatan bertajuk Fondo Academy 2022 ini digadang-gadang menjadi kegiatan bersepeda dengan nuansa akademis yang pertama di Indonesia. Masih menjadi rangkaian dari kegiatan Milad UMY ke 41 tahun, Fondo Academy 2022 akan dilaksanakan pada Minggu (20/03) mendatang. 

Slamet Riyadi, S.T., M.Sc., Ph.D., Ketua Pelaksana Fondo Academy, saat dihubungi oleh BHP pada Kamis (17/03) menyatakan bahwa sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi, sudah selayaknya nuansa akademis menjadi jiwa dan landasan bagi setiap kegiatan yang dilakukan. “Inilah yang menjadi latar dari pemilihan nama Fondo Academy. Fondo sendiri merupakan istilah untuk aktivitas bersepeda yang jarak tempuhnya mencapai 100km. Dalam kegiatan ini berbagai istilah dalam dunia akademik juga digunakan untuk menambah nuansa akademis, contohnya peserta akan disebut sebagai lulusan serta akan mendapatkan medali dan ijazah pada prosesi ‘wisuda’ saat mencapai garis finish, selanjutnya seluruh peserta akan disebut sebagai alumni,” ungkap pegiat sepeda ini. 

Slamet menambahkan Fondo Academy 2022 akan memberikan penghargaan kepada lulusan tercepat dan juga akan melaksanakan seminar yang disebut Professor Talk dengan narasumber tim nasional sepeda Mula Cycling Team. Ke depannya Fondo Academy ini akan menjadi kegiatan rutin tahunan yang akan dikelola oleh UMY Go, Komunitas Sepeda UMY. 

Sementara itu Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., menjelaskan bahwa Fondo Academy merupakan bagian dari Carbon Footprint Reduction Campaign yang sudah dilakukan secara rutin sejak tiga tahun lalu. Ia juga menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dari komitmen UMY terhadap pelestarian lingkungan, energi, dan perubahan iklim yang selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Apalagi, dalam kancah internasional UMY menjadi salah satu perguruan tinggi yang diakui dunia melalui UI Green Metric World University Rank dan Time Higher Education Impact Ranking. “Sudah saatnya kampanye ini diperluas pada masyarakat luas sebagai upaya untuk membangun rasa cinta dan semangat untuk melestarikan lingkungan,” imbuhnya. 

Dalam kesempatan yang sama Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Manusia UMY, Prof. Dr. Nano Prawoto, S.E., M.Si., menambahkan ini juga selaras dengan program UMY Sehat yang merupakan bentuk ikhtiar dari civitas akademika UMY untuk tetap sehat dan produktif. “Fondo Academy termasuk dalam upaya kami untuk menjaga sumber daya manusia yang ada di lingkungan UMY untuk meningkatkan kesehatannya,” pungkasnya. 

Dukungan juga datang dari berbagai instansi terhadap penyelenggaraan kegiatan ini, diantaranya datang dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY Syariah, PT Telkom Indonesia, dan juga Herbalife Indonesia. Doorprize menarik telah disediakan kepada para peserta yang berkomitmen tinggi dalam mengikuti Fondo Academy 2022 ini. (Var/Dya)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment