News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lions Club Jogja dan Klaten Gelar Baksos Pemeriksaan Mata Gratis di Balerante

Lions Club Jogja dan Klaten Gelar Baksos Pemeriksaan Mata Gratis di Balerante


Lions Club Yogyakarta Roro Jonggrang dan Lions Club Klaten Seruni Host mengadakan kegiatan bakti sosial.

WARTAJOGJA.ID : LCYRJ (Lions Club Yogyakarta Roro Jonggrang) dan LCKSH (Lions Club Klaten Seruni Host) menggelar kegiatan baksos (bakti sosial) di SDN (Sekolah Dasar Negeri) 1 Balerante, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Kamis (24/3/2022).

Kegiatan baksos bertema Health of Vision ini meliputi pemeriksaan mata dan penyuluhan kesehatan mata terkait penyakit Diabetes Militus secara cuma-Cuma, melibatkan FK-UKDW (Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana) Yogyakarta.

Project Officer Lion Tyas Santhi Fatmasari untuk LCYRJ mengatakan, dibidiknya wilayah Balerante sebagai lokasi kegiatan baksos dengan pertimbangan desa tersebut menjadi salah satu desa terparah yang terkena dampak letusan Gunung Merapi dan merupakan daerah rawan bencana. Disamping itu, secara geografis jauh di pelosok lereng Gunung Merapi, menyebabkan akses terhadap sarana dan prasarana yang menunjang kesehatan mata cukup sulit untuk diakses.

“Kegiatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan mata gratis untuk siswa-siswa SDN 1 Balerante berusia 6 hingga 11 tahun, tenaga pengajar dan staf sekolah, namun juga diikuti oleh perangkat Desa Balerante dan warga setempat dengan pemeriksaan dilakukan oleh tim FK UKDW. Ada juga penyuluhan kesehatan mata terkait penyakit degeneratif yaitu diabetes melitus,” jelas wanita yang akrab disapa Ariesanthi, didampingi Lion Mahrus Fauzi Hilmy untuk LCKSH, President LCKSH Lion Galih Adianjaya dan President LCYRJ Lion Geovani Ajeng Finisha.

Kegiatan ini selaras dengan program Lions Clubs Internasional yang berpusat di USA, dengan lima pilar program sosial utama yang bertujuan membantu sesama, yakni Environment for Nature, Environment for People, Health of Diabetes , World of Vision, Relieving the Hunger and Childhood Cancer.

“Ada juga kegiatan Fun Learning sebagai bentuk edukasi terhadap mata bagi siswa-siswi kelas 1 hingga 6 sekolah dasar dengan mengenalkan anatomi sederhana tentang mata, kemudian menggambar serta mewarnai berbagai bagian-bagian dari mata dengan dipandu tim volunteer dari tim FK UKDW,” imbuhnya.

Ketua Wilayah 3 Lions Club Indonesia Distrik 307 B2, Tuning Rusminto menyampaikan apresiasi atas terselengaranya kegiatan ini. “Ini merupakan perwujudan semangat pengabdian dan pelayanan terhadap kemanusiaan,” tuturnya.

Senada diungkapkan Ketua Daerah 3C Triniken Tiyas T, bahwa semangat pengabdian yang ditunjukan oleh fellow Lions yang berasal dari kedua club menjadi cerminan bagaimana jiwa sosial dapat menjangkau siapapun yang peduli terhadap sesama.

“Besar harapan kami, kegiatan ini dapat menjadi saluran bakti sosial dan keberkahan bagi kita semua, khususnya member LCYRJ dan LCKSH serta semua pihak yang bersedia terlibat baik langsung maupun tidak langsung memberikan support guna terlaksananya kegiatan,” harapnya. (Ian/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment