News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

1 Juta Meter Kubik Kubah Merapi Lepas, Ancaman Banjir Lahar Jadi Sorotan

1 Juta Meter Kubik Kubah Merapi Lepas, Ancaman Banjir Lahar Jadi Sorotan


Endapan material awan panas Merapi (ist)

WARTAJOGJA.ID : Luncuran awan panas Gunung Merapi sebanyak total 16 kali dengan jangkauan maksimal lima kilometer pada Rabu-Kamis, 9-10 Maret membuat material di kubah lava diperkirakan lepas cukup besar.

"Kalau jangakauan awan panasnya sampai lima kilometer, kami perkirakan setidaknya 1 juta meter kubik material kubah lava sisi barat daya lepas," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida Kamis.

Awan panas sebagian meluncur ke sisi tenggara puncak gunung itu. Sehingga sebagian besar material itu kini mengendap di alur sungai Kali Gendol.

"Karena saat ini musim hujan masih intens, kami minta warga mewaspadai potensi banjir lahar dingin dengan adanya peningkatan material di sungai itu, khususnya pemukiman di kiri kanan sungai," kata Hanik.

Hanik merekomendasikan dalam waktu sementara tak ada aktivitas apapun khususnya di sekitaran sungai yang dipenuhi material itu. 

"Kondisi kubah tengah Merapi memang masih relatif stabil namun untuk yang di sisi barat khususnya yang bukaannya ke kali ini ada kecenderungan ketidakstabilan," ujarnya.

Dari awan panas yang terjadi pada Rabu petang, material terpantau sudah sampai ke bunker Kaliadem. 

"Aktivitas Merapi saat ini masih belum membahayakan penduduk sepanjang potensi bahaya yang sudah ditetapkan untuk dijauhi ditaati," kata dia. (Gun/Dho)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment