News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rapimda KADIN DIY Usung Misi Peran Inisiator dan Eksekutor Demi Kemajuan

Rapimda KADIN DIY Usung Misi Peran Inisiator dan Eksekutor Demi Kemajuan


Rapimda KADIN DIY tahun 2022 hari ke-2 diselenggarakan di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta, Sabtu (05/02/22)

WARTAJOGJA.ID : Rapimda KADIN DIY tahun 2022 hari ke-2 diselenggarakan di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta, Sabtu (05/02/22)

Seperti diketahui, Rapimda hari pertama telah diselenggarakan hari Sabtu minggu yang lalu (29/01/22). Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah “Mewujudkan KADIN DIY yang transformatif, inklusif dan kolaboratif”. 

Hadir dalam Rapimda hari yang ke-2 pengurus yang terdiri Dewan Penasehat, Dewan Pertimbangan dan Dewan Pengurus.

“Kami berharap KADIN DIY harus mampu menjadi inisiator dan eksekutor bagi kepentingan pelaku ekonomi," kata R. Kadarmanta Baskara Aji (Sekda DIY). 

Lebih lanjut Sekda DIY menjelaskan ke depan Pemerintah Daerah (Pemda) lebih berfungsi sebagai fasilitator saja, pada saat ini Pemda masih bertyindak sebagai inisiator, fasilitator dan eksekutor. Harapan tersebut tidak berlebihan karena seharusnya Pemda sebagai fasilitator bagi pelaku usaha dengan berbagai kebijakan dan program yang telah direncanakan.

“Saya bangga karena pelaku ekonomi di DIY dalam masa Pandemi Covid-19 masih ada yang mampu bertahan dan melakukan adaptasi serta inovasi untuk keberlanjutan usahanya," jelas GKR Mangkubumi selaku Ketua KADIN DIY. 

Menurut Mangkubumi, sebagian pelaku ekonomi termasuk anggota KADIN DIY, mampu memanfaatkan peluang bisnis yang muncul di masa pandemi sehingga mampu melakukan diversifikasi usaha. 

Kunci bertahan tersebut adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan digitalisasi usaha, misalnya pemasaran digital dan pembayaran digital.

Dalam Rapinda tersebut juga dilakukan pemaparan  program kerja tahun 2022 oleh masing-masing wakil ketua. 

Secara garis besar program kerja termaksud antara lain digitalisasi usaha, dikllat dan pendampingan UMKM,  kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, diklat memperluas pasar domestik dan ekspor, meningkatkan kerjasasama dengan pemangku kepentingan baik Pemda, Perguruan Tinggi, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Perbankan dan Media Massa.

Program kerja internal antara lain menambah jumlah anggota dan meningkatkan partisipasi anggota KADIN DIY.

“Dari Rapimda KADIN DIY 2022 juga dihasilkan sejumlah rekomendasi”. Jelas Y. Sri Susilo, selaku Humas Panitia Pelaksana KADIN DIY.

Rekomendasi termaksud antara lain mendukung upaya peningkatan realisasi investasi, meningkatkan ekspor diiringi dengan peningkatan daya saing, mewujudkakan kerjasama dengan pentahelix (Pemda, Perguruan Tinggi, BI/OJK/Perbankan, Asosiasi Profesi: ISEI/PII, dan Media Massa),  mendorong terbentuknya trading house dan start-up hub bagi pelaku usaha, mendorong pemulihan ekonomi, baik di bidang kesehatan dan bidang ekonomi. 

“Keberhasilan realisasi program kerja KADIN DIY 2022 sangat bergantung dari sinergi dan kolaborasi seluruh pengurus dan anggota”, tutup Y. Sri Susilo. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment