News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ngeri, Banjir Lahar Dingin Merapi: Puluhan Truk Terjebak, Supir Berlarian

Ngeri, Banjir Lahar Dingin Merapi: Puluhan Truk Terjebak, Supir Berlarian


Pengemudi truk berlarian menyelamatkan diri saat banjir lahar dingin melanda di Kali Boyong Merapi Kamis siang (3/2). dok. BPBD Sleman

WARTAJOGJA.ID :  Puluhan truk penambang pasir dilaporkan terjebak banjir lahar dingin saat tengah melakukan aktivitas di sungai berhulu Gunung Merapi yang diguyur hujan lebat Kamis 3 Februari 2022.

Banjir lahar dingin sekitar pukul 13.00 WIB itu terpantau di aliran Kali Boyong Kabupaten Sleman. 

Dari video amatir yang direkam, tampak para pengemudi truk berlarian menyelamatkan diri keluar dari truk menghindari terjangan banjir lahar itu.

"Hingga pukul 13.30 setidaknya ada 20 truk terjebak banjir lahar di Kali Boyong," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Makwan saat dikonfirmasi.

Makwan mengatakan banjir lahar sungai Merapi itu tercatat di Stasiun  Ngandong masuk kategori  sedang hingga lebat. Hujan dimulai sejak pukul 12.10 dengan insensitas 61,2 milimeter.

"Tidak ada korban luka maupun jiwa," kata dia.


Puluhan truk terjebak saat banjir lahar dingin melanda di Kali Boyong Merapi Kamis siang (3/2). dok. BPBD Sleman


Makwan menangatakan pihak BMKG Yogyakarta telah menyebar informasi  soal potensi hujan lebat pada Kamis ini yang disertai petir dan kilat. Meliputi Kecamatan Pakem, yang bisa meluas ke Kecamatan Turi, Cangkringan, Sleman, Ngemplak, dan Ngaglik Kabupaten Sleman.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat hujan di puncak Gunung Merapi pada Kamis 3 Februari 2022 mulai pukul 
11:37 WIB dengan total curah hujan 15 milimeter. 

Hujan disertai angin kencang melanda pula wilayah perkotaan seperti kawasan Malioboro, UGM hingga pinggiran perkotaan. (Gun/Dho)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment