News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Iring-Iringan Ambulance Evakuasi Lagi Belasan Siswa Al-Azhar Sleman Positif Covid-19

Iring-Iringan Ambulance Evakuasi Lagi Belasan Siswa Al-Azhar Sleman Positif Covid-19


Iringan ambulance angkut siswa Al Azhar yang positif Covid-19 Jumat (4/2). dok. BPBD Sleman

WARTAJOGJA.ID : Penularan Covid-19 di sekolah Al-Azhar di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta belum berhenti.

Pada Jumat 5 Februari 2022 sore, iring-iringan ambulance kembali menjemput para siswa dari sekolah asrama atau boarding school itu untuk dievakuasi ke selter Asrama Haji Sleman.

“Hari ini dengan menggunakan lima ambulance, kami mengevakuasi 16 siswa lagi dari sekolah Al-Azhar yang positif Covid-19 ke selter isolasi,” kata Penanggung Jawab Selter Isolasi Kabupaten Sleman Makwan.

Klaster dari sekolah Al-Azhar ini awal kali pertama mengevakuasi 43 orang positif Covid-19 terdiri dari siswa baik jenjang SMP dan SMA serta sejumlah guru ke asrama Haji pada akhir Januari lalu. 

Kemudian per 3 Februari 2022, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman mencatat dari klaster itu kasus positif sudah bertambah menjadi total 60 orang. Tak hanya dari siswa dan guru melainkan juga karyawan hingga lingkungan keluarga para siswa. Dari kasus Al-Azhar sendiri sebanyak 350 orang menjadi kontak erat dan terus ditracing.

“Untuk 16 siswa yang kami evakuasi hari ini, semuanya dari siswa SMA-nya, terdiri dari 2 orang putri dan 14 putra,” kata Makwan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Widaryana menuturkan hasil penelusuran pihaknya penemuan klaster di sekolah ini bermula dari satu siswa SMP yang merasa tidak enak badan pada akhir Januari lalu. 

“Pasca-tes PCR ternyata siswa itu diketahui positif Covid-19,” kata dia. Diduga siswa ini terpapar dari luar sekolah karena meski tinggal di asrama sering bolak-balik pulang ke rumahnya. 

Penularan pun menjadi masif karena sekolah itu ber-asrama di mana siswa lebih intens bertemu.
Gugus Tugas Covid-19 DIY sendiri pada Jumat ini kembali melaporkan rekor baru kasus harian Covid-19 tahun 2022 yang membuat kasus aktif wilayah itu kembali melampui 1.000 kasus.

“Penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di DIY hari ini sebanyak 273 kasus, total kasus aktif menjadi 1.098 kasus,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 DIY Berty Murtiningsih. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment