News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Breaking News: Sultan HB X Umumkan 73 Kasus Positif Omicron

Breaking News: Sultan HB X Umumkan 73 Kasus Positif Omicron

Sultan HB X (ist)

WARTAJOGJA.ID : Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengumumkan adanya temuan sebanyak 73 kasus Covid-19 Omicron di wilayahnya.

Pengumunan itu berdasar hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) yang dilakukan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta dan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM).

“Dari dua laboratorium itu, kasus Omicron yang ditemukan laboratorium UGM ada 39 dan dari BBTKLPP ada 34 kasus,” laya Sultan HB X di Yogyakarta Kamis 10 Februari 2022.

Didampini Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastuti, Sultan menuturkan sebagian besar sampel kasus Omicron yang ditemukan di Yogyakarta itu dari hasil pemeriksaan mandiri dan pelaku perjalanan.

“Sebagian besar (pasien positif Omicron) tidak berdomisili di Yogyakarta, namun bisa menular pada masyarakat yang ada di Yogyakarta,” ujar dia.

Sultan menuturkan temuan dominan pada wisatawan luar Yogya ini karena biasanya ketika mereka usia berwisata dan hendak kembali ke asalnya wajib menjalani test Covid-19 atau ditracing secara mandiri. Padahal selesainya hasil pemeriksaan test di laboratorium sendiri untuk mengetahui apakah sampel itu Omicron atau tidak makan waktu sekitar satu minggu.

“Situasi ini membuat jadi agak rumit karena ketika wisatawan itu sudah telanjur pulang, laboratorium baru merampungkan hasil test-nya,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastuti menuturkan hasil pemeriksaan mandiri wisatawan atau pelaku perjalanan itu saat hendak pulang ke asalnya bisa dilakukan dimanapun. Mulai klinik atau rumah sakit sekitar wisatawan itu. 

“Sampel sampel dari rumah sakit atau klinik ini lalu dikirim untuk diperiksa secara PCR-SGTF, kemudian diperiksa lagi dengan metode WGS di laboratorium sehingga baru diketahui,” kata dia.

Pembajun menuturkan di DI Yogyakarta sendiri hanya ada tiga laboratorium yang bisa memeriksa sampel itu Omicron atau bukan. Dua di UGM dan satu di BBTKLPP.

Gugus Tugas Covid-19 DIY hingga 9 Febuari 2022 mengumumkan hasil pemeriksaan PCR-SGTF totalnya ada 595 sampel. Di mana dari sampel itu jumlah dicurigai atau probable Omicron ada 496 sampel,  non probable sebanyak 99 sampel dan sembuh 15 sampel. (Cak/Rls) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment