News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

24 Truk Terjebak Banjir Merapi Berhasil Dievakuasi, Kaliurang Terendam

24 Truk Terjebak Banjir Merapi Berhasil Dievakuasi, Kaliurang Terendam


Suasana evakuasi truk terendam banjir lahar Merapi Kamis (3/2)

WARTAJOGJA.ID : Hujan disertai angin kencang melanda berbagai kawasan Kabupaten Sleman Yogyakarta khususnya di kaki Gunung Merapi Kamis siang 3 Februari 2022.

Tak kurang 24 truk penambang pasir terjebak banjir lahar dingin yang melintasi Kali Boyong dan langsung ditinggal lari tunggang langgang para pengemudinya untuk menyelamatkan diri.

Pasca hujan mereda, evakuasi truk truk yang terjebak banjir lahar itu mulai dilakukan para supir dibantu para relawan.

"Hingga maghrib semua truk yang terjebak itu sudah berhasil dievakuasi," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan.

Sebelum diterjang banjir lahar dingin sekitar pukul 13.30 WIB, truk truk itu tengah dibawa ke tengah kali yang berhulu Merapi itu oleh para pengemudinya. Para pengemudi itu lantas melarikan diri beramai ramai pasca aliran banjir lahar berwarna kecokelatan semakin ganas dan membuat truk truk itu kesulitan bergerak.

Sebagian besar truk-truk itu bahkan langsung terguling dihajar kencangnya arus banjir lahar. "Saat hujan reda truk-truk yang terguling baru ditegakkan lagi beramai ramai agar bisa segera meninggalkan lokasi," kata Makwan.

Tak hanya Kali Boyong yang terdampak hujan disertai angin kencang. 

Salah satu yang terparah terdampak banjir tak lain kawasan wisata Tlogo Putri Kaliurang. Kawasan itu sempat terendam banjir dan air keruh kecoklatan berwujud lumpur menyapu turun di lapak lapak pedagang di situ.

Namun selang hujan mereda, banjir yang menggenangi kawasan wisata itu ikut surut meninggalkan jejak lumpur.

Pusat Pengendalian Operasi BPBD DI Yogyakarta mencatat peringatan dini cuaca sudah disampaikan BMKG sebanyak 4 kali, pada mulai pukul 11.50, 12.54, 14.00, dan 14:50 WIB. Namun hujan deras disertai angin kencang menimbulkan dampak kejadian di beberapa titik.

Di Kabupaten Sleman selain truk terjebak banjir di Kecamatan Cangkringan, hujan angin juga melanda tiga kecamatan lain yaitu Depok, Ngaglik dan Gamping yang menyebabkan rumah rusak, akses jalan terhalang pohon tumbang, papan reklame roboh, jaringan listrik putus, dan banjir sungai.

Sedangkan di Kota Yogyakarta, dampak hujan angin melanda Kecamatan Gondokusuman dan Umbulharjo. Adapun di Kabupaten Bantul dampak hujan angin kencang melanda Kecamatan Banguntapan. (Gun/Dia)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment