News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Omicron Sudah Masuk, Yogya Waspadai Pelaku Perjalanan

Omicron Sudah Masuk, Yogya Waspadai Pelaku Perjalanan




WARTAJOGJA.ID : Pemerintah Kota Yogya mendeteksi adanya satu kasus Covid-19 varian Omicron sudah masuk wilayahnya akhir Januari ini yang dibawa pelaku perjalanan asal luar Yogya.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menuturkan di Kota Yogya kini terdapat satu orang pasien yang terkonfirmasi varian itu dan sedang mengerahkan tim untuk mencari kontak erat pasien selama beraktivitas di Kota Yogya.

"Pelaku perjalanan yang terkonfirmasi Omicron itu ada satu di Kota Yogya dan sedang kami tracing, dia ke mana saja dan bertemu dengan siapa saja," kata Heroe Senin 31 Januari 2022.

Pasien yang kini sedang menjalani isolasi di shelter itu, hasil tes Omicron-nya diperoleh Minggu (30/1/2022) petang.

Dengan temuan pelaku perjalan yang terkonfirmasi Omicron tersebut, Heroe meminta pelaku perjalanan lain agar lebih ketat menjaga protokol kesehatannya.

Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji menuturkan virus Covid-19 varian Omicron ternyata juga sempat masuk ke Yogyakarta di bawa pelaku perjalanan asal DKI Jakarta.

"Sempat ada satu warga asal DKI Jakarta datang ke Yogya, lalu waktu mau kembali ke Jakarta dia tes swab ternyata positif Covid-19 dan hasil CT value-nya rendah," kata Aji di Yogyakarta Senin 31 Januari 2022.

Dari sampel itulah, lalu pihak Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melakukan pemeriksaan lanjutan Whole Genome Sequencing atau WGS untuk memastikan varian virus yang menyerang pelaku perjalanan itu.

"Hasil tes WGS-nya keluar positif terkena (Omicron), tapi pasien itu sudah di rawat rumah sakit hingga dinyatakan sembuh serta swab-nya sudah negatif. Ia lalu kembali ke Jakarta," kata Aji.

Aji menuturkan dari kasus itu, diketahui pelaku perjalanan itu sudah terpapar Omicron saat masuk Yogya. "Bukan terpaparnya saat di Yogya," kata Aji.

Aji mengatakan karena tidak berdomisili di Yogyakarta maka hasil positif Omicron itu masuk ke data DKI Jakarta. Sehingga sampai sejauh ini, Aji menyebut belum ditemukan varian Omicron di DIY. 

"Oleh pihak rumah sakit data pasien yang terkena Omicron itu masuknya Jakarta," kata dia.

Adapun kontak erat pasien tersebut di Yogyakarta sudah ditracing dan Aji mengklaim hasilnya negatif. 

"Sudah tracing semua kontak eratnya, tidak ada yang positif," kata dia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment