News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lansia dan Warga Rentan di Yogya Mulai Diberi Vaksin Booster Hari Ini

Lansia dan Warga Rentan di Yogya Mulai Diberi Vaksin Booster Hari Ini



Ilustrasi vaksin booster (ist)

WARTAJOGJA.ID : Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai penyuntikan vaksin dosis ketiga atau vaksin booster kepada masyarakat pada Kamis 13 Januari 2022 yang dipusatkan di Jogja Expo Center (JEC), Bantul Yogyakarta.
Dalam vaksinasi dosis ketiga ini, DI Yogyakarta menetapkan sasaran prioritas warga lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan.
“Vaksinasi booster di JEC ini menargetkan 3 hingga 4 ribu sasaran, selain lansia dan kelompok rentan juga menyasar pelayan publik, guru dan tenaga kependidikan,” kata Ketua Satgas Percepatan Vaksinasi DIY, Sumadi Rabu 12 Januari 2022.
Pelaksanaan vaksinasi booster di DIY sendiri berjarak satu hari dari yang dicanangkan pemerintah pusat pada 12 Januari. Hal ini menyusul arahan Kementerian Kesehatan terkait teknis pelaksanaan vaksinasi itu baru diterima DIY pada Selasa 11 Januari 2022.
"Setelah kick off di JEC vaksinasi itu dilanjutkan ke berbagai fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit serta instansi yang memfasilitasi seperti dinas kesehatan,” kata dia.
Sumadi menjelaskan, dalam pelaksanaan vaksinasi booster ini yang perlu dipahami ada sebagian warga seperti lansia belum pasti memenuhi kriteria sebagai penerima suntikan dosis ketiga meski sudah menerima dosis kedua. Karena salah satu persyaratannya calon penerima vaksin ketiga harus tervaksin dosis kedua minimal dalam jangka waktu setidaknya lebih dari 6 bulan.
“Jenis vaksin booster yang kami siapkan ada tiga Pfizer, AstraZeneca dan Moderna,” kata dia. Pemberian vaksin dengan merek berbeda dari dosis pertama dan kedua sendiri dinyatakan Kemenerian Kesehatan aman. 


Merujuk data Kementerian Kesehatan, di DIY masih memiliki 1.578.935 dosis vaksin per 12 Januari 2022. Adapun rata-rata penggunaan setiap pekan sebesar 12.097 dosis per hari.
Sekretaris DIY Kadarmanta Baskara Aji menuturkan vaksinasi di DIY saat ini sudah mencapai 98 persen lebih. “Untuk vaksinasi lansia dosis pertama telah mencapai 82,13 persen dan dosis kedua sebanyak 71,85 persen. Sedangkan  vaksinasi anak 6-11 tahun sudah mencapai 52,18 persen,” kata dia.
Untuk vaksin dosis ketiga ini, Aji mendorong masyarakat yang sudah menerima dosis pertama dan kedua bisa mendaftarkan dirinya ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk menerima dosis ketiga. 
Adapun Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY Didik Wardaya menuturkan sejauh ini dari hasil pendataan guru dan tenaga kependidikan di sekolah yang ditarget menerima vaksinasi booster total sekitar 17 ribu guru tingkat SMA/SMK. (Han/Yat) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment