News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kasus Harian Terus Meningkat, Sultan HB X Curiga Omicron Sudah Masuk Yogya

Kasus Harian Terus Meningkat, Sultan HB X Curiga Omicron Sudah Masuk Yogya

 

Omicron 

WARTAJOGJA.ID: Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mencurigai Covid-19 varian Omciron sudah masuk dan menulari sejumlah warga di Yogyakarta melihat kasus harian yang belakangan meningkat.

“Mungkin Omicron sudah masuk Yogya, tapi saya belum dapat laporan resmi (hasil uji laboratorium) karena pemeriksaan sampel itu perlu waktu, saya belum bisa mengatakan pasti sudah masuk,” kata Sultan Jumat 28 Januari 2022.

Indikasi kuat masuknya Omicron selain penambahan kasus terkonfirmasi di Yogya berlipat dua kali dalam beberapa hari terakhir juga adanya temuan 16 sampel pasien Covid-19 probable pasca pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) S Gene Target Failure (SGTF).

Sultan menuturkan, untuk memastikan Omicron satu satunya jalan melalui hasil uji laboratorium yang waktunya memang dnilai lebih panjang. Sampel probable Omicron tersebut harus lebih dulu dipastikan menjalani pemeriksaan lanjutan dengan metode Whole Genome Sequencing (WGS).

Sultan meminta masyarakat tetap waspada namun tak perlu sampai khawatir berlebihan dengan Omicron ini. Karena dari kasus kasus yang terjadi kebanyakan tak separah saat varian Delta menyerang.

“Kemungkinan Omicron masuk bisa saja, tetapi dari kondisi pasien kebanyakan kan gejalanya ringan, tidak sampai dirawat di rumah sakit melainkan cukup isolasi 14 hari,” kata Sultan.

Sultan menambahkan, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota tetap perlu mensiagakan selter isolasi di masing-masing wilayahnya yang sempat dinonaktifkan.

Sultan menuturkan persiapan penanganan lonjakan kasus musti lebih baik agar lonjakan kasus yang berpotensi terjadi bisa cepat diatasi.  Misalnya untuk kebutuhan oksigen, Yogya saat ini juga telah memiliki tiga unit oksigen generator untuk menyuplai kebutuhan pasien Covid-19. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment