News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Danone Indonesia dan Kementerian KKP Canangkan Bulan Cinta Laut Di Pantai Parang Kusumo

Danone Indonesia dan Kementerian KKP Canangkan Bulan Cinta Laut Di Pantai Parang Kusumo


Gerakan Bersih Pantai dan Laut dicanangkan disepanjang Pantai Parang Kusumo oleh Kementerian Kelautan Perikanan didukung Danone Indonesia (ist)

WARTAJOGJA.ID : Menteri Kelautan dan Perikanan Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M canangkan Bulan Cinta Laut pada 28 Januari 2022 di Pantai Parang Kusumo, Parangtritis Yogyakarta. 

Pencanangan ini menjadi satu rangkaian dengan GBPL (Gerakan Bersih Pantai dan Laut) disepanjang Pantai Parang Kusumo yang turut didukung Danone Indonesia.

Dalam kegiatan ini hadir pula Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih disertai 500 peserta dari Dunia Usaha, Lembaga Pendanaan, Pegiat Lingkungan, Pelajar, Lembaga swadaya Masyarakat juga karang taruna dan masyarakat sekitar.
Kegiatan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) ini merupakan upaya untuk mencapai target pengurangan sampah laut sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2018 serta sebagai sarana dalam kampanye dan mengedukasi kesadaran masyarakat pesisir akan lingkungan yang bersih. Aktifitas ini berada dalam naungan Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Menteri Kelautan dan Perikanan Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M menjelaskan bahwa Laut harus menjadi halaman depan supaya terjaga bersihnya. 

“Sampah menjadi tanggung jawab bersama, saya mengapresiasi partisipasi dari Dunia Usaha, Lembaga pendanaan, Lembaga Swadaya Masyarakat dan generasi muda. Kolaborasi seperti ini harus terus dikembangkan”, tegas Menteri. “Dengan mencanangkan Bulan Cinta Laut ini saya harapkan Laut akan sehat, masyarakat sejahtera dan pantai menjadi estetis”, Menteri KKP menambahkan.

Sementara itu pada kesempatan terpisah, Arif Mujahidin Corporate Communication Director Danone Indonesia menyampaikan, “Gerakan Bersih Pantai dan Laut dan pencanangan Bulan Cinta Laut ini relevan sekali dengan komitmen #BijakBerplastik DANONE AQUA salah satunya yaitu untuk mengurangi laju sampah ke laut dan mewujudkan penerapan ekonomi sirkular di Indonesia”, jelas Arif. 
“Selain itu, kami juga turut berkomitmen untuk mengumpulkan sampah plastik lebih banyak dari volume yang digunakan dari lingkungan Indonesia pada tahun 2025. Komitmen tersebut sejalan dengan misi pemerintah Indonesia untuk mengurangi sampah laut hingga 70 persen pada tahun 2025.”, tambah Arif.

Danone-AQUA sejak tahun 1993 telah menjadi pionir dalam mengumpulkan kembali dan mendaur ulang sampah botol plastik paska konsumsi dengan mengembangkan Program AQUA Peduli. Pada tahun 2018, Danone-AQUA meluncurkan komitmen melalui Gerakan #Bijakberplastik, yang didalamnya terdapat tiga pilar, yaitu: 

Pengumpulan, Edukasi dan Inovasi. Gerakan tersebut adalah bentuk komitmen mendukung Gerakan Indonesia Bersih dan untuk mencapai ambisi “collect more than we use” (mengumpulkan lebih banyak plastik dari yang digunakan) dan mencapai komitmen 50% kemasan terbuat dari plastik daur ulang.
 
Pantai Parang Kusumo dibagi menjadi 7 segmen, dan pembersihan dilakukan oleh 500 peserta yang hadir. Di akhir kegiatan, tercatat sebanyak 309 kg sampah terkumpul dan diantaranya terdapat 1700 botol PET yang dikelola oleh TPS3R KUPAS (Kelompok Usaha Pengelola Sampah) Desa Panggungharjo Kabupaten Bantul.
 
 
Tentang Danone di Indonesia
Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia dan memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Danone berfokus untuk membangun kesehatan dan berkembang dengan pesat di tiga lini bisnis yaitu Essential Dairy & Plant-based products, Waters dan Specialized Nutrition. Danone memasarkan produknya di 120 negara dan memiliki lebih dari 100.000 karyawan di seluruh dunia.  
Di Indonesia, bisnis Danone terdiri atas dua kategori produk yang berfokus untuk memberikan kontribusi positif pada kesehatan masyarakat di setiap tahapan kehidupan yaitu, Danone Waters yang memproduksi Air Minum dalam Kemasan & Minuman non Karbonasi dengan produknya seperti AQUA, Mizone, VIT, VIT Levite dan Danone Specialized Nutrition  dengan produknya seperti SGM Eksplor, SGM Bunda, Lactamil, Bebelac, Nutrilon Royal dan nutrisi medis. Di Indonesia Danone memiliki 26 pabrik dengan jumlah karyawan lebih dari 15.000 orang. (Cak/Rls)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment