News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ajak Masyarakat Belanja di UMKM, Komunitas Binaan Airlangga Hartarto Borong Dagangan PKL di Yogya

Ajak Masyarakat Belanja di UMKM, Komunitas Binaan Airlangga Hartarto Borong Dagangan PKL di Yogya


Komunitas UMKM usAHA binaan Airlangga Hartarto, memborong dagangan belasan pedagang di Lapangan Karang, Kotagede, Yogyakarta (ist)

WARTAJOGJA.ID : Komunitas UMKM usAHA binaan Airlangga Hartarto, memborong dagangan belasan pedagang di Lapangan Karang, Kotagede, Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka kampanye mengajak masyarakat untuk belanja di UMKM.

Koordinator Relawan UMKM usAHA Kota Yogyakarta, Ahmad Aji (23), mengatakan timnya tak ingin pilih kasih dalam memborong dagangan UMKM, sehingga semua pedagang yang berjualan di Lapangan Karang, hari itu diborong dagangannya dan dibagikan pada masyarakat.

"Iya, ini kami borong 12 dagangan UMKM yang ada di Lapangan Karang, Kotagede, Yogyakarta. Karena UMKM-nya ada banyak, jadi kami borong satu area ini ," jelas Aji, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/1)

UMKM usAHA memilih Lapangan Karang karena lokasinya yang strategis, dan banyak masyarakat yang berlalu-lalang di area tersebut.  "Biasanya kalau dagangan UMKM habis diborong itu kami bagikan ke masyarakat sekitar. Nah, di Lapangan Karang kan banyak masyarakat yang abis olahraga atau sekadar duduk-duduk, jadi mereka bisa berkegiatan dan dapet jajanan gratis" kata Aji. 

Setelah Lapangan Karang, tim UMKM usAHA melanjutkan kegiatan serupa di Jl. Veteran, Mujamuju. 

Kota Yogyakarta menjadi kota terakhir dalam rangkaian tour UMKM usAHA On The Road. Sebelumnya team UMKM usAHA telah menyambangi Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga dan Solo.

"Yogyakarta jadi kota penutup untuk tour kali ini. Tapi kegiatan ini kami harap akan dapat dilanjutkan di Kota-kota lain," tutur Aji. 

Di sisi lain, Subianto (35), pedagang jajanan crepes di Lapangan Karang merasa kaget karena dagangannya diborong hingga habis. Ia bahkan mengira awalnya kalau tim UMKM usAHA hanya bercanda. Subianto kemudian merasa terharu saat tim meyakinkan dirinya. 

Bapak dari dua anak itu menilai, kegiatan usAHA Borong Usaha sangat bermanfaat, tidak hanya bagi pedagang kecil, namun juga untuk masyarakat sekitar. Ia berharap, kedepannya UMKM usAHA akan terus melakukan program usAHA Borong Usaha di berbagai kota. 

"Ini kegiatan bagus, siapa sih yang gak seneng dagangannya diborong terus dibagiin masyarakat. Semoga UMKM binaan Pak Airlangga kedepannya bisa terus melakukan programnya di banyak kota," ungkap Subianto.

UMKM usAHA adalah kelompok binaan Airlangga Hartarto yang fokus kegiatannya pada pelatihan dan pemberdayaan UMKM. UMKM usAHA telah melatih 11 ribu UMKM di Pulau Jawa, dan membentuk komunitas alumninya. Di Kota Yogyakarta sendiri ada 185 UMKM yang telah bergabung dalam komunitas ini. (Rls/Cak)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment