News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wah, Kubah Merapi Sudah Tumbuh Di Atas 3 Juta Meter Kubik

Wah, Kubah Merapi Sudah Tumbuh Di Atas 3 Juta Meter Kubik



Merapi erupsi (ist)

WARTAJOGJA.ID: Pertumbuhan dua kubah lava Gunung Merapi terus berjalan di tengah aktivitas erupsi efusifnya yang sudah terjadi sejak awal hingga jelang akhir tahun ini.

Gunung yang berstatus Level 3 atau Siaga sejak 5 November 2020 itu, sepekan ini, 3-9 Desember, tercatat memuntahkan empat kali awan panas dan 190 kali lava pijar dengan jarak terjauh 2.200 meter dominan ke barat atau Sungai Bebeng.

"Selama sepekan terakhir, volume kubah lava bagian tengah sudah menjadi 3.000.007 meter kubik," kata Kepala Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida Jumat 10 Desember 2021.

Sepekan sebelumnya, BPPTKG mencatat volume kubah lava tengah kawah itu masih sebesar 2.948.000 meter kubik atau bertambah sebanyak 52 ribu meter kubik dalam sepekan.

Adapun untuk kubah lava bagian barat daya, pekan ini juga masih bertumbuh menjadi 1.629.000 meter kubik dari pekan sebelumnya 
sebesar 1.615.000 meter kubik.

Hanik mengungatkan agar pemangku kebijakan yang wilayahnya mengelilingi Gunung Merapi yakni Pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Boyolali, dan Kabupaten Klaten tetap melakukan upaya mitigasi menghadapi ancaman erupsi Merapi.

"Khususnya kami rekomendasikan penambangan di alur alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dan masuk kawasan rawan bencana III direkomendasikan dihentikan," kata Hanik. (Ian/Dho)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment