News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UAJY Adakan Pameran Karya Penelitian MBKM dan Pengabdian Unggulan 2021

UAJY Adakan Pameran Karya Penelitian MBKM dan Pengabdian Unggulan 2021


UAJY Adakan Pameran Karya Penelitian MBKM dan Pengabdian Unggulan 2021

WARTAJOGJA.ID  : Perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat dalam menghadapi berbagai dinamika perkembangan zaman. 

Perguruan tinggi diharapkan dapat merespon berbagai kebutuhan masyarakat dan berperan aktif dalam usaha perancangan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat. 

Implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka menjadi salah satu pendorong utama untuk mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat, yang diwujudkan melalui program-program penelitian dan pengabdian. 

Universitas Atma Jaya Yogyakarta menjadi salah satu perguruan tinggi yang mengimplementasikan program MBKM tersebut dan berhasil mendapatkan hibah sebesar 1,8 M dari Ditjen Diktiristek.

Dana tersebut digunakan untuk membiayai 6 kelompok pengabdian dan 2 kelompok penelitian dari UAJY. Karya penelitian dan pengabdian tersebut dipamerkan di Royal Ambarrukmo Hotel, Selasa (28/12/2021).

“Pameran ini digelar dalam rangka penelitian MBKM yang kegiatannya didanai oleh Ditjen Diktiristek,” jelas Rektor UAJY, Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D.

Ketua LPPM UAJY, Prof. Ir. Suyoto, M.Sc., Ph.D. , mengungkapkan bahwa, “Di penghujung tahun ini UAJY mempunyai 6 kelompok pengabdian dan 2 topik besar untuk penelitian. Senat Akademik Universitas telah memilih pengabdian dan penelitian terbaik yang mewakili UAJY untuk seminar nasional di Jakarta.” 

Enam program pengabdian itu antara lain yang pertama “Peningkatan Digitalisasi Pariwisata dengan Model Co-Creation di Wilayah Desa Purwoharjo, Kulon Progo”, Ketua Tim: Desideria Cempaka W. M., S.Sos., MA.,Ph.D. Yang kedua “Peningkatan Kapasitas dan Partisipasi Pelestari, Relawan dan Pelaku Pariwisata dalam penyelenggaraan Disaster Risk Management Plan di Warisan Dunia Kompleks Candi Borobudur”, Ketua Tim: Khaerunnisa, S.T., M.Eng., Ph.D.
Yang ketiga “Penerapan Mesin CNC untuk Mendukung Additive Manufacturing pada Industri Kitchen Ware berbasis Limbah Kayu Furniture di Imogiri Yogyakarta untuk Mewujudkan Smart UMKM”, Ketua Tim: Drs. A. Teguh Siswantoro, M.Sc.
Yang keempat “Strategi Penguatan UMKM melalui Sociopreneurship berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Desa Brayut dan Ngestiharjo”, Ketua Tim: Prof. Dr. MF. Sheellyana Junaedi, S.E., M.Si. Yang kelima “Penemukenalian dan Pemanfaatan Sepuluh Objek Pemajuan Kebudayaan di Lima Desa Kawasan Borobudur”, Ketua Tim: Y. Kunharibowo, M.A. Yang keenam  “Penguatan Petani Milenial dalam Inisiasi Budidaya Cabai di Luar Musim Berbasis Teknologi Tetes Air di Pleret, Bantul, DIY”, Ketua Tim: Drs. A. Wibowo Jati, M.S.

Program penelitian yang dilakukan adalah “Evaluasi Hasil Penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Studi pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta”, 

Ketua Tim 1 yakni Ign. Novianto Hariwibowo, SE.,M.Acc. dan Ketua Tim 2 yakni Ranggabumi Nuswantoro, S.Sos., M.A.

Program penelitian dan pengabdian tersebut, diharapkan dapat memenuhi unsur-unsur seperti sumbangan pada paradigma MBKM nasional, kontribusi pada kreativitas dan inovasi pendidikan nasional, kontribusi pada penguatan 9 model belajar, dan kreativitas dan inovasi yang mengangkat potensi lokal atau nasional.

Melalui pameran ini, diharapkan masyarakat dapat mengenali karya yang diciptakan lebih lanjut, sehingga bisa merasakan manfaat kontribusi proses pengabdian yang telah dilakukan. (Dho/Ian)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment