News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Polresta Yogya: Jalan Malioboro Saat Malam Tahun Baru Tetap Dibuka, Tapi...

Polresta Yogya: Jalan Malioboro Saat Malam Tahun Baru Tetap Dibuka, Tapi...


Polresta Yogyakarta nyatakan Malioboro tetap dibuka tanpa penyekatan saat malam tahun baru

WARTAJOGJA.ID : Kepolisian Resor Kota Yogyakarta (Polresta) Yogyakarta membuat sejumlah aturan soal lalu lintas di kawasan Jalan Malioboro saat malam pergantian tahun baru 31 Desember 2021.

"Jalan Malioboro tidak akan ditutup saat malam pergantian tahun," kata 
Kapolresta Yogyakarta Komisaris Besar Polisi Purwadi Wahyu Anggoro 
Selasa 21 Desember 2021.

Meski demikian, Purwadi mengatakan semua kendaraan yang melintas di Jalan Malioboro dilarang untuk berhenti untuk mencegah terjadinya kemacetan.

"Jadi semua kendaraan yang melintas Maliboro harus berjalan terus, tidak boleh ada yang berhenti menaikkan dan menurunkan penumpang, sepanjang jalan akan kami tempatkan petugas sebagai  barikade agar tak ada yang melanggar," kata Purwadi.

Kepolisian Yogyakarta menimbang aturan mengizinkan semua kendaraan melintas di Malioboro itu diberlakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan manusia yang ingin menyambangi Malioboro saat malam tahun baru. Ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Daripada terjadi kerumunan masyarakat (yang berjalan kaki) lebih baik kerumunan kendaraan, tapi tidak ada yang boleh berhenti," kata Purwadi.

Purwadi menambahkan pada masa pandemi Covid-19 ini, aturan untuk rekayasa lalu lintas di Malioboro memang berubah. Sebelum pandemi
 jalur jalan biasanya ditutup jam 18.00 sampai 21.00 WIB. 

"Tak hanya Malioboro yang tak akan ada penutupan, tapi mulai dari kawasan Tugu Pal Putih sampai dengan Titik Nol Kilometer juga tidak akan ada penutupan jalan," kata Purwadi.

Adapun untuk kendaraan ojek online yang selama ini membawa penumpang dan menurunkan di titik yang memicu kemacetan seperti di depan Mal Malioboro, Polresta Yogyakarta akan mengatur titik penurunannnya di lapangan.

Purwadi mengatakan Polresta Yogyakarta sendiri akan merekayasa lalu lintas yang mengarah Malioboro. Jika biasanya Malioboro bisa diakses dari dua ruas baik Jalan Mataram dan dari arah Kotabaru, saat malam tahun baru hanya bisa satu ruas.

"Kami akan menutup jalur dari Kotabaru atau Jalan Abu Bakar Ali menuju Malioboro. Dari Jalan tersebut, pengendara hanya bisa menuju ke Jalan Pasar Kembang," kata Purwadi.

Sehingga wisatawan yang hendak ke  jalan menuju Malioboro hanya bisa lewat Jalan Mataram.

Adapun di titik titik yang berpotensi kerumunan massa, seperti Titik Nol Kilometer akan diberi pagar keliling di trotoarnya.

"Misalnya di area sekitar patung singa di Titik Nol Kilometer akan ditutup dengan pagar," kata dia.

Dalam pengamanan libur Natal Tahun Baru ini Polresta Yogyakarta menerjukan sebanyak 1.100 personel.

Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta Agus Winarto mengatakan untuk menghindari terjadinya kerumunan  wisatawan saat libur Nataru maupun malam pergantian tahun baru akan disiapkan berbagai langkah. Mulai dari kembali mematikan lampu taman juga mematikan WiFi Malioboro.

Koordinator Bidang Penegakan Hukum Satgas COVID-19 DIY Noviar Rahmad menambahkan petugas di sepanjang Tugu, Jalan Malioboro, Titik Nol hingga Alun-alun Utara akan  membubarkan berbagai bentuk kerumunan. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment